Istana Beri Penjelasan Soal Video Viral yang Sebut Rombongan Jokowi Pulang Kampung
presidenri.go.id
Nasional

Video pendek berdurasi 41 detik tersebut memperlihatkan rombongan kendaraan berisi mobil dan motor patroli dan pengawalan (patwal), serta mobil kepresidenan berwarna hitam.

WowKeren - Sebuah video yang menyebut iring-iringan Presiden Joko Widodo pulang kampung viral di media sosial. Video tersebut tentu menimbulkan polemik lantaran pemerintah telah melarang mudik Lebaran tahun ini demi menekan penyebaran virus corona (COVID-19).

Pihak Istana pun memberikan penjelasan atas video tersebut. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, membenarkan bahwa iring-iringan di video tersebut adalah rombongan Jokowi, namun bukan bertujuan pulang kampung alias mudik.

"Itu benar rombongan Presiden," jelas Bey dalam keterangan tertulis, Senin (10/5). "Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis 6 Mei 2021."

Menurut Bey, video tersebut diambil di daerah Gresik, sebelum masuk ke Gerbang Tol Kebomas. Jokowi dan rombongan kala itu sedang dalam perjalanan dari Lamongan menuju Surabaya.


Bey menegaskan bahwa Jokowi kala itu menghadiri peresmian fasilitas pengelolaan sampah menjadi energi listrik. Sang Presiden didampingi oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Wali Kota Surabaya. "Meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo," papar Bey.

Setelah melakukan kunjungan kerja itu, rombongan Presiden langsung bertolak ke Jakarta pada sore harinya. Oleh sebab itu, Bey menegaskan bahwa narasi yang menyebutkan Jokowi mudik tidaklah benar. "Jadi bukan mudik, tapi kunjungan kerja ke Jawa Timur," tegasnya.

Sebagai informasi, video pendek berdurasi 41 detik tersebut memperlihatkan rombongan kendaraan berisi mobil dan motor patroli dan pengawalan (patwal), serta mobil kepresidenan berwarna hitam. Terdengar suara perekam video tersebut yang menyebutkan bahwa RI 1 pulang kampung.

"Ini letter B. Ini pulang apa mudik nih kayak begini? Itu letter B semua tuh," kata suara dalam video tersebut. "Udah buka wilayah, pulang kampung. RI 1 pulang kampung tuh. RI 1 pulang kampung."

Di sisi lain, selain melarang mudik antar-provinsi, pemerintah juga melarang mudik lokal di wilayah aglomerasi. Untuk informasi, terdapat 8 wilayah aglomerasi yang masih mendapat izin pelaksanaan mudik lokal. Namun kini aturan tersebut telah diubah, sebagaimana disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts