Jin Beri Jawaban Savage Tanggapi 'Hukum BTS' Aturan Baru Korea Selatan Terkait Wamil
Twitter
Selebriti

Alasan aturan wajib militer terbaru Korea Selatan ramai diberi nama 'Hukum BTS' adalah karena sejauh ini hanya Jungkook cs saja yang dianggap memenuhi syarat untuk mendapatkannya.

WowKeren - Rolling Stone belum lama ini merilis wawancaranya bersama BTS (Bangtan Boys). Boy grup yang digawangi oleh RM (Rap Monster) cs membicarakan banyak hal seputar karier, kehidupan pribadi hingga terkait wajib militer.

Di Korea Selatan, semua pria wajib mendaftar militer maksimal ketika usia mereka menginjak 28 tahun. Ada beberapa pengecualian dibebaskan dari wamil yakni orang-orang yang berkontribusi besar pada negara seperti atlet yang telah memenangkan medali di Olimpiade atau Asian Games.

Namun pada Desember 2020 lalu, disahkan aturan baru yang ramai disebut sebagai "Hukum BTS". Aturan ini berbunyi, "Seorang seniman budaya pop yang direkomendasikan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata untuk meningkatkan citra Korea baik di dalam negeri maupun di seluruh dunia kini dapat menunggu hingga ia berusia 30 tahun untuk mengabdi."

Alasan aturan ini diberi nama "Hukum BTS" adalah karena sejauh ini hanya BTS saja yang memenuhi syarat untuk mendapatkannya. Oleh Rolling Stone, Jin dimintai tanggapannya terkait hukum ini karena ialah member tertua BTS yang dalam waktu dekat akan wamil.


"Kupikir negara semacam memberi tahuku kalau, 'Kamu sudah melakukan ini dengan baik, dan kami akan memberimu sedikit lebih banyak waktu," ujar Jin memberikan jawaban yang cukup savage.

Jin juga mengatakan bahwa dia berencana untuk memanfaatkan waktunya sampai panggilan tugas datang. "(Dinas militer) adalah tugas penting bagi negara kita. Jadi aku merasa bahwa aku akan berusaha untuk bekerja sekeras yang kubisa dan melakukan yang terbaik yang kubisa sampai aku dipanggil," imbuh Jin.

Sedangkan untuk enam anggota yang lebih muda BTS, Jin mempercayai mereka bisa membuat keputusan sendiri tentang kapan dan bagaimana akan mendaftar. "Aku tidak ragu bahwa anggota lain akan membuat keputusan yang baik," tambah Jin.

"Karena kalian tahu, ini bukanlah sesuatu yang dapat kukatakan kepada mereka apa yang harus dilakukan. (Jika mereka menghabiskan waktu sebagai enam member), 'Aku akan sedih, tapi aku akan menonton mereka di internet dan menyemangati mereka," pungkas Jin.

Sementara itu, BTS saat ini masih mempersiapkan comeback dengan single "Butter" yang akan dirilis pada 21 Mei mendatang. Lagu ini bakal mengusung lirik yang seluruhnya berbahasa Inggris. "Butter" akan menjadi single kedua BTS yang full berbahasa Inggris setelah mega hits mereka, "Dyamite", yang dirilis Agustus tahun lalu.

(wk/amal)

You can share this post!

Related Posts