PT KCI Kembali Operasikan 900 KRL Usai Ditegur Menhub Budi Karya
Unsplash/Nusalab Studios
Nasional

PT KCI menambah jumlah rute-rute KRL menjadi 900 perjalanan. Hal itu dilakukan setelah mendapat teguran dari Menhub Budi Karya saat melakukan peninjauan pada Jumat (14/5).

WowKeren - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) kembali mengoperasikan 900 perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek. Sebelumnya, PT KCI sempat mengurangi KRL yang beroperasi selama larangan mudik 2021 berlaku.

Pengoperasian 900 KRL tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang dan memastikan setiap gerbong tetap mengangkut maksimal 70 orang. Kebijakan itu diambil oleh PT KCI setelah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegur adanya penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai saat sidak pada Jumat (14/5).

Sementara itu, VP Corporate Secretary KAI Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba menyebut bahwa pihaknya kembali mengoperasikan 14 jadwal perjalanan KRL tambahan di masa larangan mudik 2021 mulai Sabtu (15/5) hari ini. Dengan begitu jumlah KRL yang beroperasi bertambah menjadi 900 perjalanan.

"Dengan tambahan perjalanan yang mulai beroperasi pada hari ini, maka secara keseluruhan KAI Commuter mengoperasikan 900 perjalanan KRL per hari," terang Anne Purba dalam keterangannya, Jumat (14/5). "Dengan jam operasional pukul 04.00-20.00 WIB pada masa larangan mudik lebaran."


Kendati demikian, pihak KCI mengatakan bahwa sejumlah upaya telah dilakukan agar pengguna KRL dapat mengutamakan dan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi penularan dan penyebaran COVID-19.

Anne menyebut ada tiga stasiun yang akan transit di DKI Jakarta dengan volume penumpang yang cukup besar dan perlu diantisipasi agar tidak terjadi penumpukan kembali. "Ada tiga stasiun transit dengan volume pengguna cukup besar selama libur Idul Fitri saat ini yaitu Manggarai, Tanah Abang dan Duri," imbuhnya.

Maka dari itu, pihaknya menambah jumlah perjalanan KRL yang beroperasi sebagai feeder Manggarai-Duri PP. KCI juga akan menyiapkan tambahan perjalanan KRL ke rute-rute lainnya apabila berpotensi terjadi penumpukan penumpang.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya meninjau aktivitas penumpang di Stasiun Manggarai. Peninjau yang dilakukannya untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin saat lebaran.

Menurut Budi, masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dan diperbaiki oleh PT KCI, khususnya penerapan protokol kesehatan pada penumpang. Budi menilai penerapan protokol kesehatan masih belum dijalankan secara maksimal.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait