Birthday Spotlight: Happy Sunny Day
Selebriti

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member Girls’ Generation, Sunny yang berulang tahun pada hari, 15 Mei. Member tersebut berusia 31 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member dari Girls’ Generation, Sunny yang berulang tahun pada 15 Mei lalu. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi asal Korea ini.

Lee Soonkyu, secara profesional dikenal sebagai Sunny, adalah penyanyi dan entertainer Korea. Dia memulai debutnya sebagai anggota girl grup Girls' Generation pada Agustus 2007 dan kemudian subkelompok Girls' Generation-Oh! GG . Grup ini kemudian menjadi salah satu artis terlaris di Korea Selatan dan salah satu yang paling populer di Korea Selatan.

Terlepas dari aktivitas grupnya, Sunny telah berpartisipasi dalam banyak proyek sampingan termasuk soundtrack orisinal, variety show televisi, akting musik, dan pembawa acara radio. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra-debut


Pra-debut

Sunny lahir pada 15 Mei 1989, di Orange County, California. Keluarganya terdiri dari orang tua dan dua kakak perempuan yang sepuluh dan lima belas tahun lebih tua darinya. Dia dan saudara perempuannya diketahui memiliki tanggal ulang tahun yang sama.

Paman dari pihak ayah Sunny adalah Lee Soo Man, pendiri SM Entertainment. Ketika dia masih bayi, keluarganya pindah ke Kuwait, kemudian pindah lagi tidak lama kemudian ke Korea Selatan, selama Perang Teluk. Sebagai hasil dari pengalaman perangnya yang singkat, Sunny tumbuh dengan ketakutan akan suara-suara keras.

Dia memiliki impian untuk menjadi penyanyi oleh ayahnya, yang berada di sebuah band perguruan tinggi. Pada tahun 1998, Sunny bergabung dengan SM Entertainment dan menjadi trainee selama lima tahun.

2. Debut


Debut

Setelah masuk dalam agensi SM Entertainment, Sunny dipindahkan ke agensi Starworld, di mana ayahnya bekerja sebagai manajer, dan akan debut dalam grup duo bernama Sugar. Namun, kelompok itu tidak pernah membuahkan hasil.

Pada awal 2007, penyanyi Ayumi Lee meyakinkan Sunny untuk bergabung kembali dengan SM Entertainment. Dia melanjutkan pelatihannya di sana dan membuat debut resminya sebagai anggota Girls 'Generation pada Agustus 2007.

Girls' Generation memulai debutnya pada Agustus 2007 dengan single "Into the New World" dari album Korea mereka. Grup ini menjadi terkenal pada tahun 2009 dengan single "Gee", yang mengklaim posisi teratas di Music Bank KBS selama sembilan minggu berturut-turut dan merupakan lagu Melon yang paling populer pada dekade 2000-an.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Sunny bersama Girls’ Genertion memperoleh popularitas yang signifikan dengan merilis single hit mereka "Gee" pada tahun 2009. "Gee" telah terjual lebih dari 100.000 eksemplar di Korea Selatan. Lagu itu mengklaim posisi nomor satu di Music Bank KBS selama sembilan minggu berturut-turut, menjadi lagu nomor satu terlama di Music Bank hingga 2012, ketika PSY "Gangnam Style" mengklaim posisi teratas selama sepuluh kali berturut-turut.

Itu adalah single terlaris tahun 2009 di Korea Selatan. EP kedua grup, “Tell Me Your Wish (Genie)” dan singel utama tituler dirilis pada Juni 2009. EP terjual 50.000 eksemplar dalam minggu pertama di Korea Selatan, dan memetakan di nomor delapan di chart G-Music Taiwan. Pada November 2009, SM Entertainment mengumumkan tur konser pertama grup, “Into The New World”, yang tiketnya untuk pertunjukan Korea Selatan terjual habis dalam tiga menit.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Selain aktivitas Girls' Generation, Sunny telah berpartisipasi dalam sejumlah proyek sampingan. Pada awal 2008, Sunny bekerja sebagai pembawa acara “Radio Melon Chunji” dengan Sungmin Super Junior. Pada Agustus 2008, dia menyumbangkan lagu solo, "You Don't Know About Love" untuk drama SBS “Working Mom”. Pada tahun 2009, Sunny merilis dua lagu lagu solo "Finally Now" untuk film interaktif “Story of Wine” dan duet "It's Love" untuk drama MBC “Heading to the Ground”, dengan anggota Girls' Generation, Tae Yeon.

Pada Januari 2012, melangkah ke bidang sulih suara untuk pertama kalinya, dia tampil dalam versi film animasi “The Outback”. Dia menyuarakan karakter koala bernama Miranda. Selama 2012-2013, Sunny berperan dalam musikal pertamanya, “Catch Me If You Can”, berdasarkan kisah nyata dan kehidupan seorang penipu bernama Frank Abagnale.

Antara 2014 dan 2015, ia menjadi anggota pemeran reality show SBS “Roomate”. Acara tersebut menampilkan sekelompok selebriti yang tinggal bersama, berbagi rumah serta melakukan tugas rumah tangga. Selama periode yang sama, Sunny menjadi pembawa acara FM Date acara radio MBC. Dia menyumbangkan lagu logo yang ditulis sendiri untuk acara itu dan juga memenangkan "Rookie Radio DJ Award" di MBC Entertainment Awards akhir tahun.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sepanjang karirnya, Sunny memang jarang tersangkut kontroversi besar. Bahkan Girls’ Generation juga dikaitkan sebagai grup yang jarang mendapat skandal. Namun pasa tahun 2013, Sunny pernah terlibat kontroversi terkait kostumnya dalam MV “I Got The Boy”.

Video musik itu awalnya menampilkan para personil membawakan lagu "Dancing Queen". Menjelang akhir video diperlihatkan teaser untuk video musik "I Got A Boy". Secara sekilas, sebuah adegan menampilkan saat Sunny memakai topi bertuliskan "Welcome Motherf*ckers".

Para fans cukup menyesalkan keberadaan topi tersebut. Hal ini mengingat banyak penggemar Girls' Generation yang didominasi oleh anak muda. Selain Sunny, Seohyun juga sempat terlihat mengenakan topi bertuliskan kata makian itu saat di MV "I Got A Boy". Hanya saja topi Seohyun telah disensor dengan 2 lambang bintang.

SM Entertainment nampaknya menyadari kontroversi tersebut. Pasalnya, video musik "Dancing Queen" yang sempat ada di channel YouTube SMTOWN kini ditarik dari peredaran.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Pada Juli 2017, Girls' Generation mengumumkan perilisan album studio berbahasa Korea keenam mereka untuk memperingati ulang tahun kesepuluh grup tersebut. Album, berjudul “Holiday Night”, dirilis pada 7 Agustus 2017. Album ini memulai debutnya di puncak tangga lagu Album Dunia Billboard, dan memuncak di nomor dua di Tangga Album Gaon.

Pada Oktober 2017, SM Entertainment mengumumkan bahwa anggota Tiffany, Sooyoung dan Seohyun memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak mereka dengan perusahaan untuk fokus pada akting atau karier musik solo mereka, sementara lima anggota lainnya memperbarui dengan agensi. Dengan perubahan label musik, grup tersebut dikatakan tidak akan dibubarkan dan aktivitas mendatang dari grup beranggotakan delapan orang tersebut masih harus didiskusikan.

Grup ini saat ini sedang dalam masa jeda yang tidak terbatas untuk fokus pada aktivitas solo. Pada 8 September 2020, Tae Yeon, Sunny, Hyoyeon, Yuri, dan Yoona memperbarui kontrak mereka dengan SM Entertainment. Hingga kini masih belum ada konfirmasi soal aktivitas Sunny di masa depan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait