Polisi Siapkan 12 Posko Penyekatan Arus Balik, Pemudik Wajib Punya Surat Bebas COVID-19
Flickr/basibanget
Nasional
Mudik di Tengah Corona

Polda Metro Jaya menyiapkan 12 posko pemeriksaan COVID-19 untuk pemudik yang hendak kembali ke Jakarta. Sedangkan Jasa Marga juga menyiapkan posko serupa di jalan tol Jawa Timur sampai Cikampek.

WowKeren - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mengungkap tanggal perkiraan arus balik mudik Lebaran 2021, yakni pada 16-20 Mei. Otoritas berwenang pun kini tengah mempersiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi hal tersebut.

Salah satunya Polda Metro Jaya yang menyiapkan 12 posko pemeriksaan surat tes hasil COVID-19 bagi para pemudik yang kembali ke Jakarta. "Jadi berdasarkan hasil rapat yang dihadiri dengan seluruh Kasat Lantas, dihadiri juga seluruh instansi terkait, jadi ada 12 titik pemeriksaan dokumen bebas COVID-19," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo, Sabtu (15/5).

Apabila tak punya hasil negatif COVID-19, maka pemudik tersebut harus menjalani swab antigen oleh petugas. Pemeriksaan ini akan dilakukan secara acak kepada masyarakat yang melalui 12 pos tersebut.

"(Sebanyak) 12 titik itu (antara lain ada) di tol di kilometer 34 Cibatu Cikampek arah Jakarta. Kedua, di terminal yaitu di Pulogebang dan Kalideres untuk penumpang-penumpang bus yang datang ke luar kota," beber Sambodo, dilansir pada Minggu (16/5).


"Lalu ada sembilan (pos) di (jalur) arteri. Tiga di Tangerang Kota, yaitu di Jatiuwung, Kebon Nanas, dan Batuceper. Kemudian satu di Bekasi di Jalan Raya Pantura Kedungwaringin. Lalu dua di Polres Depok di Jalan Raya Parung Ciputat Bojongsari dan Jalan Raya Bogor," imbuhnya.

Selain itu ada pula posko di Tomyang dan Sasak Jarang, Kota Bekasi, serta di Jalan Gatsu Bitung, Tangerang Selatan. Bila kedapatan reaktif COVID-19 saat pemeriksaan tersebut, maka yang bersangkutan akan lanjut diperiksa dengan PCR dan selama menunggu hasilnya harus diisolasi di Wisma Atlet. Mereka akan diangkut dengan bus sekolah yang telah disiapkan.

Sedangkan Jasa Marga juga menyiapkan hal serupa, namun dengan cakupan lebih luas yakni tersebar di jalan tol Jawa Timur hingga Cikampek menuju Jakarta. Posko yang disiapkan Jasa Marga ini melayani rapid antigen untuk para pemudik.

"Dengan adanya sejumlah titik lokasi penyekatan dan random test antigen di Jalan Tol Jasa Marga Group," papar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru. "Kami meminta pengguna jalan mengatur perjalanannya agar tidak pulang bersama-sama di hari Sabtu (16/5) dan Minggu (17/5) ini."

Posko rapid antigen yang disiapkan Jasa Marga tersebar antara lain di est area KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, rest area KM 38B Jalan Tol Jagorawi, rest area KM 149B dan KM 125B Jalan Tol Padaleunyi, serta rest area KM 97B dan KM 72B Jalan Tol Cipularang. Lalu ada lagi di gerbang tol atau GT Kalikangkung, rest area KM 360B Jalan Tol Batang-Semarang, serta GT Ngawi dan rest area KM 519B Jalan Tol Solo-Ngawi.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts