Jin BTS Akui Rasakan Dampak Positif Ini karena Tak Bisa Gelar Konser Meski Merasa Sedih dan Hampa
Instagram/bts.bighitofficial
Musik

Jin menjelaskan bahwa semua member merasakan 'rasa kehilangan, rasa tidak berdaya' ketika mereka tidak dapat bertemu ARMY di konser tahun lalu. BTS butuh beberapa saat untuk mengatasi perasaan sedih mereka.

WowKeren - BTS (Bangtan Boys) telah beberapa kali menyatakan kekecewaan mereka karena tidak dapat bertemu ARMY dalam tur selama pandemi. Dalam wawancara baru dengan Rolling Stone, Jin mengungkapkan sisi positif dan negatif dari tidak dapat melakukan tur selama setahun terakhir atau lebih.

Tanggal tur terakhir BTS diadakan pada 29 Oktober 2019 di Seoul, di mana para member tampil di hadapan puluhan ribu ARMY di konser terakhir "Love Yourself: Speak Yourself". Grup tersebut kemudian akan memulai tur dunia berikutnya pada April 2020 tetapi kemudian pandemi melanda. Pada akhir bulan itu, BTS mengumumkan bahwa mereka dengan sedih harus menunda seluruh tur "Map of the Soul" tanpa batas waktu.

Ketika ditanya apakah dia merasa sedih karena tidak bisa menyelenggarakan tur, Jin mengungkapkan kepada Rolling Stone, "Bukan hanya aku, tapi member lain benar-benar merasakannya."

Dia kemudian menjelaskan bahwa semua member merasakan "rasa kehilangan, rasa tidak berdaya" ketika mereka tidak dapat bertemu ARMY di konser tahun lalu. Faktanya, Jin berbagi bahwa BTS butuh beberapa saat untuk mengatasi perasaan sedih mereka.


Seperti yang diketahui banyak penggemar, Jin kemudian menulis lagu tentang perasaannya. Pada Desember 2020, Jin merilis lagu solo baru untuk memperingati ulang tahunnya, "Abyss". Dalam wawancara dengan Rolling Stones, Jin menjelaskan bahwa judul lagu itu benar-benar mencerminkan perasaan "sedih dan hampa" atas pandemi tersebut.

"Aku merasa sangat terpuruk ketika aku sedang menulis liriknya,” jelas memer tertua BTS itu, kemudian mengungkapkan bahwa proses merekam dan menyanyikan lagu tersebut membantu meredakan emosi tersebut.

Meskipun demikian, tidak semuanya buruk. Jin juga membuka tentang bagaimana off the road selama setahun terakhir sebenarnya memiliki beberapa sisi positif. "Saat kami sedang tur, tidak ada waktu untuk merenungkan diri sendiri dan mencari tahu apa yang membuatku gembira, apa yang membuatku rileks," ujarnya.

Mengingat BTS menampilkan lebih dari 30 konser "Love Yourself" di tahun 2019 saja, di atas banyak acara panggung lainnya, tidak mengherankan jika Jin tidak punya banyak waktu untuk tumbuh dan berkembang. Karena itu, Jin mengatakan bahwa tidak ikut tur selama pandemi memberinya kesempatan untuk akhirnya merenungkan apa yang dia inginkan dan siapa dirinya.

Faktanya, dalam kemungkinan mengangguk pada judul tur terakhir grup, Jin menyatakan jeda tur juga memungkinkannya untuk belajar mencintai diri sendiri. Selain itu, Jin menjelaskan bahwa dia bisa tidur lebih banyak, bermain video game, menonton film, bernyanyi, dan bahkan belajar bahwa dia suka berolahraga. “Itu membuatku jauh lebih puas,” pungkasnya.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts