Laba Bersih HYBE Q1-2021 Tak Tertandingi oleh Big 3, Fakta Ini Lebih Mengejutkan
Selebriti

HYBE, agensi BTS, mencatat laba yang tak tertandingi antara Januari hingga Maret tahun ini, mengalahkan SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment.

WowKeren - HYBE, SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment mengungkapkan pendapatan dan keuntungan mereka dari kuartal pertama tahun 2021 (Q1). HYBE, agensi BTS (Bangtan Boys), mencatat laba yang tak tertandingi antara Januari hingga Maret tahun ini.

Keuangan perusahaan K-Pop diukur melalui tiga angka utama yaitu pendapatan, laba operasi, dan laba bersih. Pendapatan adalah angka paling sederhana, mewakili pendapatan total dari semua penjualan sebelum biaya apa pun dikurangkan.

Keuntungan operasional adalah sisa uang yang dimiliki perusahaan setelah membayar semua pengeluaran mereka, kecuali hutang dan pajak. Angka ini juga belum termasuk keuntungan yang diperoleh dari tabungan atau investasi. Laba operasi digunakan untuk menunjukkan berapa banyak yang diperoleh dari menjalankan perusahaan secara langsung.

Laba bersih, di sisi lain, adalah uang yang tersisa dari semua arus kas setelah membayar semua biaya dan pengeluaran. Laba bersih merupakan angka yang penting karena menunjukkan profitabilitas yang sebenarnya dari suatu perusahaan, ditambah, ini digunakan untuk menghitung laba per saham.

YG Entertainment mencatat laba bersih terendah pada kuartal pertama tahun 2021 yakni 8,65 miliar won. Perusahaan mencatat laba operasi sebesar 9,53 miliar won setelah menghasilkan 97 miliar won antara Januari dan Maret.

Laba bersih Q1-2021 YG dihasilkan dari comeback dari TREASURE, Bobby iKON dan Kang Seung Yoon WINNER (II) serta debut solo Rose BLACKPINK (Black Pink). Sebelumnya di kuartal kedua, YG Entertainment diturunkan dari status "perusahaan blue-chip" (superior) menjadi "bisnis menengah" setelah menghadapi kerugian operasional yang konsisten.


Selanjutnya adalah SM Entertainment, yang mengumpulkan laba bersih 8,67 miliar won. Perusahaan mencatat laba operasi 15,3 miliar won setelah menghasilkan pendapatan 154 miliar won.

Pada Q1 2021, beberapa artis SM Entertainment melakukan comeback mereka seperti SHINee, Super Junior, dan Baekhyun EXO. Seperti YG Entertainment, SM Entertainment juga diturunkan dari status blue-chip awal tahun ini karena kerugian finansial.

JYP Entertainment memiliki pendapatan bersih tertinggi kedua pada kuartal pertama dengan 12 miliar won. Perusahaan mencatat laba operasi 13,7 miliar won setelah menghasilkan pendapatan 32,3 miliar won.

Anehnya, tidak ada artis JYP Entertainment yang comeback pada Q1 2021. Perusahaan juga kehilangan salah satu grup terbesarnya, GOT7, ketika semua member memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak mereka pada Januari.

Terakhir, HYBE memiliki pendapatan bersih tertinggi pada kuartal pertama tahun 2021 yaitu 15,8 miliar won. Perusahaan mencatat laba operasi sebesar 21,7 miliar won setelah menghasilkan pendapatan 178 miliar won.

Seperti JYP Entertainment, tidak artis HYBE yang comeback. Perusahaan mengalami perubahan dramatis menjelang akhir Q1 2021 ketika berganti nama dari Big Hit Entertainment menjadi HYBE. Tak lama kemudian, HYBE mengumumkan akuisisi 100 persen saham di perusahaan besar AS, Ithaca Holdings.

Fakta bahwa laba bersih HYBE tetap memimpin dengan tidak adanya comeback dari artis mereka, sukses mengejutkan netizen. "Padahal BTS belum comeback, tapi mereka mencatat laba tertinggi, wow," komentar netizen. "Bagaimana HYBE bisa menghasilkan banyak uang?" tambah netizen lain. "Ada apa dengan HYBE? Tidak ada artis yang comeback, wow, ini sungguh mengejutkanku," pungkas lainnya.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts