Hanung Bramantyo Bongkar Kunci Sukses Sulap Kota Semarang Bak Kairo Di Film 'Ayat-Ayat Cinta'
Instagram/hanungbramantyo
Film

'Ayat-Ayat Cinta' merupakan salah satu film laris manis pada tahun 2008 silam. Film bertema Islami ini memang memilih Kota Kairo, Mesir sebagai latar tempat cerita tersebut.

WowKeren - Kehadiran film "Ayat-Ayat Cinta" pada tahun 2008-an lalu telah menyedot banyak perhatian publik. Pemutaran film Islami ini bahkan disebut-sebut selalu ramai meski sudah memasuki minggu ke-3. Penonton film karya Hanung Bramantyo ini bahkan datang dari berbagai kalangan termasuk ibu-ibu pengajian.

Sebelumnya, suami Zaskia Adya Mecca itu mengaku pasrah filmnya tidak akan dilaku di pasaran. Namun, publik justru memberikan respon berbeda. Cerita yang diadaptasi dari novel karangan Habiburrahman El Shirazy ini mengambil latar tempat di Kairo, Mesir.

Latar tempat bak di Timur Tengah tersebut seolah menjadi salah satu pemikat warga Indonesia untuk datang ke bioskop kala itu. Kendati demikian, Hanung Bramantyo sama sekali tidak melakukan syuting di negara Timur Tengah. Ia justru memilih India dan Kota Semarang sebagai lokasi syuting untuk menggambarkan suasana Kairo, Mesir.

Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini disulap oleh Hanung Bramantyo menjadi tampak seperti di Kairo, Mesir. Kala itu, penggambaran Kota Kairo yang apik meski bukan di lokasi aslinya itu menuai banyak pujian. Sutradara kondang itu dinilai sukses menyulap Kota Semarang bak Kairo, Mesir.

Hanung Bramantyo mengungkapkan bila pengambilan gambar di Kota Semarang kala itu banyak dibantu dengan penggunaan kamera seluloid. Meski terkesan jadul, namun kamera tersebut berhasil menyulap kota tersebut bak di Mesir.


Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Hanung Bramantyo lewat unggahan dalam akun Instagram miliknya. Ia mengubah beberapa sudut di Kota Lama Semarang menjadi bernuansa Timur Tengah.

"12 tahun lalu. Saat kamera seluloid menyulap kota lama Semarang menjadi El Giza-Cairo," ungkap sutradara kelahiran Yogyakarta tersebut melalui keterangan yang ditulisnya pada Senin (17/5). "Ayat-Ayat Cinta."

Seperti diketahui, film "Ayat-Ayat Cinta" bercerita tentang seorang mahasiswa Indonesia bernama Fahri yang menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Perjalanan hidup Fahri yang merupakan seorang muslim disorot dalam film itu, termasuk kisah percintaan.

Meski sudah satu dekade berlalu, namun masih banyak penonton film "Ayat-Ayat Cinta" yang mengira bila syuting benar-benar dilakukan di Kairo, Mesir sesuai dengan latar tempat dalam novel. Mereka yang melihat unggahan Hanung Bramantyo ini seperti terkejut mengetahui loksi syuting yang sebenarnya.

(wk/Zahi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait