Wagub DKI Ingatkan Pesepeda Gunakan Jalur Road Bike Yang Sesuai Demi Keselamatan Bersama
Instagram/arizapatria
Nasional

Baru-baru ini, warga DKI Jakarta tengah membicarakan foto pesepeda yang menggunakan jalur kanan. Menanggapi hal tersebut, Wagub DKI Jakarta mengingatkan pesepeda untuk menggunakan jalur yang benar.

WowKeren - Belakangan, sebuah foto yang menunjukkan rombongan pesepeda road bike melaju di jalur kanan menjadi viral di sosial media. Mengetahui hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza pun turut memberikan tanggapannya.

Riza meminta pesepeda road bike untuk menggunakan jalur yang sesuai demi menjaga keselamatan sesama pengguna jalan. "Ya tentu kami meminta pada teman-teman ya apa namanya ya, penggemar sepeda road bike kita gunakan ya jalan sesuai dengan peruntukannya," tutur Riza kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (28/5).

Riza mengatakan bahwa pesepeda tidak boleh menggunakan jalan umum karena bisa membahayakan dirinya dan pengguna jalan lainnya. Selain itu, saat ini DKI Jakarta juga sudah mengatur jalan yang diperuntukkan pengguna sepeda.

"Karena jalur tersebut kan diperuntukkan bagi mobil, kendaraan umum," jelas Riza. "Kendaraan pribadi, dan lain-lain termasuk sepeda motor, kalau sepeda masuk di jalur umum seperti itu akan sangat berbahaya."


"Untuk itu, kami minta ke depan mari kita saling jaga, saling menghormati satu sama lain, supaya di Jakarta ini bisa lebih baik, lebih aman dan semuanya kita tata untuk kepentingan," lanjutnya. "Semua kita berikan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya termasuk pengguna sepeda."

Menurut Riza, Pemprov DKI Jakarta dalam beberapa tahun belakangan sudah menyiapkan, mengadakan dan memastikan panjang dan lebarnya jalur sepeda. Ia mengaku hanya di periode dirinya dan Gubernur Anies Baswedan yang memperhatikan pesepeda dan memberikan mereka jalur sendiri.

"Namun demikian, penghormatan ini agar digunakan sebaik-baiknya, disyukuri dengan cara gunakan jalur yang ada, tidak menggunakan jalur yang bukan jalur sepeda," tandas Riza.

Sebelumnya, sebuah foto yang menunjukkan rombongan pesepeda itu melaju di jalur kanan menjadi viral di sosial media. Dalam foto tersebut juga terlihat seorang pengendara sepeda motor mengacungkan jari tengahnya ke arah rombongan pesepeda tersebut.

Foto tersebut diunggah oleh akun @samartemaram di Twitter pada Kamis (27/5). Dalam unggahan tersebut, pemilik akun menambahkan judul bernada satire kepada pengendara motor yang mengacungkan jari tengah tersebut.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait