Birthday Spotlight: Happy Haechan Day
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Haechan NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-21 (22 tahun menurut perhitungan Korea) pada 6 Juni besok.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Haechan NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-21 (22 tahun menurut perhitungan Korea) pada 6 Juni besok. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun kelima yang dirayakan pemilik nama asli Lee Donghyuck itu sebagai idol.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut
SM Entertainment

Haechan tinggal di Seoul, Korea selatan, sampai berusia 7 tahun, kemudian pindah ke Jeju, Korea Selatan dan menetap di sana sekitar 5 tahun. Lalu pindah ke Seoul, Korea Selatan untuk bergabung dengan SM Entertainment. Haechan melanjutkan pendidikannya di Seoul School of Performing Arts di Seoul.

Haechan pertama kali tampil di televisi lewat acara "EXO 90: 2014" yang dibintangi EXO bersama dengan trainee lainnya. Acara tersebut menampilkan penampilan lagu-lagu idol K-pop tahun 90-an terkemuka, serta remake video musik dari lagu-lagu dari era tersebut.

Pada 2015, Haechan tampil di acara "The Mickey Mouse Club yang ditayangkan Disney Channel Korea sebagai Mouseketeer bersama member SMRookies lain. Acara ini ditayangkan dari 23 Juli hingga 17 Desember 2015 dan dipandu oleh rekan satu label sekaligus senior mereka, Leeteuk Super Junior.

2. Debut


Debut
SM Entertainment

Haecha memulai debutnya secara resmi sebagai member NCT 127 dengan merilis video musik mereka "Fire Truck" pada 7 Juli 2016 dan melakukan debut panggung mereka di Mnet "M Countdown" pada hari yang sama menampilkan "Fire Truck" dan lagu promosi lainnya, "Once Again". Mengikuti MV dan performance, mereka merilis album mini self-titled mereka pada 10 Juli 2016, yang berisi single pertama mereka "Fire Truck". Album ini meraih kesuksesan komersial, memulai debutnya di nomor dua di Tangga Album Gaon dan menduduki puncak tangga lagu pada minggu ketiga peluncurannya, sementara mencapai nomor dua di Tangga Album Dunia Billboard.

Kemudian, Haechan juga debut di NCT Dream yang merilis single debut mereka, "Chewing Gum", pada 24 Agustus 2016 dan menjalani debut stage pada 25 Agustus di "M Countdown". "Chewing Gum" menduduki peringkat #2 di chart World Digital Songs dan #23 di chart Spotify Viral 50 pada saat dirilis. "Chewing Gum" versi Korea dan Mandarin kemudian disertakan ke dalam album single pertama NCT Dream.

3. Puncak Karir


Puncak Karir
SM Entertainment

Pada 2019, NCT 127 menjalani tur konser pertama mereka, "Neo City - The Origin" yang singgah di berbagai negara di seluruh dunia. Di tahun yang sama, mereka menandatangani kontrak dengan Capitol Music Group dan Caroline Distribution untuk kegiatan promosi NCT 127 di Amerika Serikat. NCT 127 juga merilis album "Neo Zone" serta album repackage berjudul "Neo Zone: The Final Round", masing-masing dengan title track berjudul "Kick It" dan "Punch". Kedua album ini mengantarkan grup tersebut meraih predikat million seller.

Pada 10 Mei, NCT Dream merilis album studio pertama mereka, "Hot Sauce" yang menampilkan tujuh anggota asli dari unit tersebut. Album ini terdiri dari sepuluh lagu termasuk judul lagu dengan nama yang sama. Pre-order untuk album ini melampaui 1.716.571 copy, memecahkan rekor mereka sebelumnya untuk "Reload" dengan peningkatan 243%. Album ini menduduki puncak Gaon Album Chart dan "Hot Sauce" menjadi single pertama mereka yang menduduki nomor satu di Gaon Digital Chart. Pada 26 Mei, mereka mendapatkan gelar "double million seller" karena album tersebut terjual lebih dari 2 juta copy.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
SM Entertainment

Sebagai member NCT yang aktif di subunit NCT 127 dan NCT Dream, Haechan tak memiliki banyak kegiatan solo. Para penggemar pun telah lama menantikan karya solonya, salah satunya lewat SM STATION seperti beberapa rekan NCT yang lain. Pada 2019, Haechan sempat menjadi salah satu MC di acara "Idol Star Athletics Championship."

5. Kontroversi


Kontroversi
SM Entertainment

Selama 5 tahun berkarie sebagai member NCT, Haechan tak pernah ditimpa kontroversi. Namun, member termuda NCT 127 itu sempat membuat para sasaeng geram lantaran mengekspos mereka dalam salah satu siaran live. Sasaeng yang marah ini kemudian menyebarkan beberapa foto Haechan yang diduga sedang mabuk.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
SM Entertainment

Haechan dipastikan masih akan tetap beraktivitas bersama NCT 127, yang baru-baru ini diumumkan tampil di "Analog Trip 2." Haechan juga masih tercatat sebagai member aktif NCT Dream, yang aktvitasnya semakin ditunggu seiring dengan semakin bertambahnya popularitas mereka.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru