HYBE Patenkan 'Borahae' Ciptaan V BTS Tuai Reaksi Suudzon, Netizen Peringatkan Ini
Selebriti

Menurut laporan pada 8 Juni, HYBE Labels sendiri telah memutuskan untuk mengajukan hak cipta untuk istilah 'Borahae' ciptaan V BTS. Netizen memperingatkan agensi soal ini.

WowKeren - HYBE (dulu Big Hit Entertainment) akhirnya mendaftarkan hak paten atas "Borahae", istilah yang diciptakan V BTS (Bangtan Boys). Netizen memberikan reaksi yang cukup keras untuk masalah ini.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa perusahaan kosmetik, LALALEE’S, telah mengajukan hak cipta atas istilah "Borahae" di bawah merek kuku mereka, KIPRIS. Mereka telah meminta maaf atas tindakan mereka dan membatalkan klaim hak cipta.

Menurut laporan pada 8 Juni, HYBE Labels sendiri telah memutuskan untuk mengajukan hak cipta untuk istilah tersebut. Berbicara kepada outlet media Bloter, agensi menyatakan bahwa mereka telah mengambil tindakan untuk mencegah masalah di masa depan.

"Karena ada upaya terus-menerus untuk memperoleh hak atas persyaratan perwakilan yang terkait dengan HYBE dan artisnya, kami telah menyadari ini sebagai masalah serius. Kami melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hak, untuk mencegah bisnis lain memiliki atau memiliki kata-kata terkait artis kami. Klaim hak cipta atas "Borahae" juga merupakan bagian dari keberatan ini," ujar agensi.

"Borahae" adalah istilah berharga yang diciptakan oleh V BTS, mewakili warna terakhir pelangi. Ini menandakan bahwa BTS dan ARMY akan saling mencintai dan percaya sampai akhir. Untuk itu, netizen memperingatkan HYBE untuk mendaftarkan hal cipta atas nama V atau Kim Taehyung (nama aslinya).


"Tolong daftarkan hak cipta atas nama Kim Taehyung, orang yang menciptakan 'Borahae' dan memberinya makna dan kehidupan yang begitu dalam. Aku tidak ingin siapa pun mencuri itu darinya," komentar netizen. "'Borahae' adalah pesan cinta yang dikirim dari V ke ARMY, tidak ada yang bisa menyentuhnya. Itu harus dilindungi. Dan 'Borahae' milik Kim Taehyung, bukan HYBE," tambah netizen lain.

"HYBE mendapat banyak keuntungan dari 'Borahae' jadi mereka harus memastikan hak ciptanya di bawah Kim Taehyung karena itu idenya. Melindungi artismu sendiri juga berarti mengkredit mereka di mana kredit jatuh tempo. 'Borahae' diciptakan oleh Taehyung," tulis netizen.

"'Borahae' bukan milik HYBE atau Big Hit atau siapapun kecuali V BTS, Kim Taehyung. Ini adalah janji dan cintanya untuk para penggemarnya. Perusahaan tidak memiliki hak untuk itu sama sekali. Itu harus terdaftar di bawah V BTS dan Kim Taehyung," sahut yang lain.

"Kalian tidak mendaftarkannya di bawah HYBE, kan? Kim Taehyung yang membuatnya. Tentunya HYBE tidak membuat kekacauan ini hanya agar mereka bisa mencurinya, kan? Jika memang terdaftar di bawah HYBE, maka aku harus percaya bahwa seluruh skandal ini dipentaskan oleh perusahaan dengan kedok melindungi artis mereka sendiri," ujar netizen.

"Kim Taehyung harus memiliki semua hak untuk itu. Tentunya agensi tidak berusaha menyelipkannya dengan nama mereka sendiri, bukan? Apa yang telah kamu lakukan selama bertahun-tahun sehingga hanya bertindak sekarang karena beberapa perusahaan lain mencoba mengklaim kepemilikannya? Apakah HYBE mencoba bertindak cepat untuk mendaftarkannya di bawah mereka sendiri? Kim Taehyung memilikinya, dia yang menciptakannya. Itu harus terdaftar atas namanya," pungkas lainnya.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts