Jokowi Dituding Picu Kerumunan Saat Tinjau Vaksinasi di Tanjung Priok, Begini Penjelasan Istana
Twitter/setkabgoid
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Presiden Jokowi melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan vaksinasi massal di tiga lokasi DKI Jakarta. Saat meninjau di Pelabuhan Tanjung Priok, dikabarkan terjadi kerumunan dan mengabaikan protokol kesehatan.

WowKeren - Pada Kamis (10/6) hari ini, Presiden Joko Widodo meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kendati demikian, tersiar kabar bahwa pelaksanaan vaksinasi tersebut menimbulkan kerumunan hingga mengabaikan protokol kesehatan.

Menanggapi kabar tersebut, pihak Istana Kepresidenan RI langsung membantahnya. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa tidak ada kerumunan dalam acara tersebut.

Heru menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 itu berjalan dengan tertib. "Tinjauan vaksinasi Presiden Jokowi dilakukan dengan tertib," tutur Heru kepada wartawan, Kamis (10/6).

Selain itu, Heru juga membatah kabar ada warga yang berkerumun saat Jokowi membagikan sepeda. Menurutnya, saat Jokowi membagikan sepeda berjalan dengan lancar dan tertib, tidak menimbulkan kerumunan.

Seperti yang diketahui, Jokowi melakukan peninjauan vaksinasi COVID-19 di tiga lokasi DKI Jakarta. Pada pagi hari, Jokowi meninjau vaksinasi massal di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Pada pelaksanaan vaksinasi massal tersebut dihadiri oleh sekitar seribu orang.


Kemudian, Jokowi melanjutkan perjalanannya ke Pelabuhan Tanjung Priok. Jokowi meninjau penyuntikan vaksin COVID-19 terhadap 1.500 orang.

Selanjutnya, tujuan terakhir yakni di Pelabuhan Sunda Kelapa. Vaksinasi massal tersebut ditujukan kepada seribu orang penerima.

Kabar terkait dengan kerumunan pada saat Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Tanjung Priok itu berasal dari foto-foto yang tersebar luas di sosial media. Dalam foto-foto viral yang tersebar di sosial media itu terlihat ada kerumunan saat Jokowi melakukan peninjauan vaksinasi COVID-19.

Salah satu akun yang mengunggah foto tersebut adalah @kurawa melalui Twitter. Pada unggahan tersebut ia juga menuturkan bahwa kerumunan terjadi saat Jokowi memantau vaksinasi dan membagikan sepeda ke warga.

Sementara itu, pihak kepolisian juga membantah adanya kerumunan yang ditimbulkan saat Jokowi meninjau vaksinasi massal di Tanjung Priok. Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis mengatakan tidak sempat terjadi kerumunan massa.

"Kalau tadi, menurut saya masyarakat mendekat karena antusias disapa Pak Presiden, sehingga langkah kita mengimbau warga untuk jaga jarak," terang Putu saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (10/6). "Kalau disebut berkerumun tidak sempat karena area parkir cukup luas."

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts