Bangladesh Buka 50 Masjid Baru Rayakan 50 Tahun Hari Kemerdekaan
AFP
SerbaSerbi

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina pada hari Kamis (10/6) membuka masjid baru di seluruh negeri untuk merayakan kemerdekaan dengan jumlah yang sama dengan tahun kemerdekaan.

WowKeren - Hari kemerdekaan adalah momen spesial bagi tiap negara untuk dirayakan. Untuk merayakannya, selain dengan upacara resmi juga rupanya dilakukan dengan cara yang unik.

Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Bangladesh. Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina pada hari Kamis (10/6) membuka masjid baru di seluruh negeri untuk merayakan 50 tahun kemerdekaan. Uniknya, jumlah masjid yang dibuka juga sesuai dengan jumlah tahun kemerdekaannya, yakni 50 unit.

Masjid-masjid itu adalah bagian dari program konstruksi utama senilai 1 miliar dolar AS yang dimulai pada tahun 2017, dengan 560 masjid "model" yang dilengkapi dengan fasilitas komunitas dan pendidikan sebagai pusat keagamaan dan pembelajaran setempat.

Hasina membuka 50 masjid secara virtual dari kediaman resminya, Ganabhaban di Dhaka. Melalui pernyataannya, ia menyatakan harapan untuk membantu memulihkan citra baik Islam dan membasmi ekstremisme.


Ia menegaskan bahwa ada orang-orang di luar sana yang melakukan hal buruk dengan mengatasnamakan agama. Hal-hal semacam inilah yang membuat nama Islam tercoreng.

"Kami telah melihat bagaimana beberapa orang beralih ke terorisme atas nama agama. Membunuh orang dan menyebarkan kebencian telah mencoreng citra Islam," kata Hasina.

Ia melanjutkan bahwa tugas untuk membasmi terorisme adalah kewajiban semua pihak termasuk masyarakat sipil dan juga politisi. Yang jelas, ia menekankan bahwa seseorang tidak akan bisa mendapat ganjaran surga dengan membunuh orang lain.

"Semua orang, termasuk politisi, masyarakat sipil dan guru, perlu bekerja sama untuk membasmi terorisme," katanya melanjutkan. "Orang-orang perlu memahami bahwa tidak seorang pun akan masuk surga dengan membunuh orang lain."

Sementara itu, 50 masjid lainnya akan dibuka dalam beberapa bulan mendatang untuk mencapai angka 100 dalam rangka mengenang Sheikh Mujibur Rahman. Ia adalah presiden pertama negara itu sekaligus ayah Hasina, karena Bangladesh juga merayakan ulang tahunnya yang keseratus tahun ini.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait