COVID-19 Kudus Mengganas, Satgas Malah Setop Evakuasi Pasien Positif ke Pusat Isolasi
Flickr/asiandevelopmentbank
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Asrama Haji Donohudan di Boyolali, Jawa Tengah menjadi lokasi isolasi terpusat pasien COVID-19 termasuk dari Kudus. Namun per Jumat (11/6) evakuasi pasien COVID-19 Kudus ke Boyolali dihentikan.

WowKeren - Kondisi wabah COVID-19 di Indonesia sedang mengganas, dengan beberapa wilayah menjadi titik panas penularan. Yang terparah adalah Kudus, Jawa Tengah, yang sampai pasien-pasien positifnya harus dievakuasi ke fasilitas isolasi terpusat Jateng di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Namun per Jumat (11/6) hari ini, Tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus memutuskan untuk tak lagi mengevakuasi warganya ke Asrama Haji Donohudan. Rupanya tempat yang tersisa di faskes isolasi tersebut tinggal sedikit dan akan dialokasikan untuk warga daerah lain.

"Informasi yang kami peroleh, di asrama haji hanya tersisa 150 tempat tidur," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Masut. "Rencananya yang masih tersisa dicadangkan untuk warga Solo Raya yang terpapar COVID-19 untuk menjalani isolasi terpusat.

Untuk diketahui, Satgas COVID-19 Kudus mencatatkan, per Kamis (10/6) kemarin sudah ada sebanyak 529 warga positif terpapar virus Corona yang dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan. Sebanyak 11 orang lain juga dirujuk ke rumah sakit.


Di sisi lain, saat ini sudah terdapat dua warga COVID-19 dari Kudus yang dikonfirmasi meninggal ketika menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan. Yang pertama adalah seorang warga berusia 63 tahun pada Rabu (9/6) kemarin yang diduga akibat adanya komorbid atau penyakit penyerta.

"Kemudian pada Kamis (10/6) malam ada tambahan satu lagi yang meninggal," terang Masut. "Merupakan warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kudus."

Dengan ratusan warganya yang berada di Asrama Haji Donohudan, Pemerintah Kabupaten Kudus pun mengaku telah bekerja sama dengan pihak pengelola asrama. Seperti soal ketersediaan tim medis, obat-obatan, hingga air mineral yang merupakan penunjang untuk kesembuhan pasien.

Pasalnya banyak keluhan dari warga Kudus di Asrama Haji Donohudan terkait komponen tersebut, meski akhirnya telah diklarifikasi dan dikoordinasikan lebih lanjut. Persyaratan evakuasi warga positif COVID-19 di Asrama Haji Donohudan pun kini diperketat, dengan tambahan poin setidaknya pasien bisa mengurusi diri maupun pasien yang tanpa gejala atau bergejala ringan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts