Instruksi Jokowi Untuk Anies Baswedan Usai Jakarta Alami Lonjakan Kasus COVID-19
Twitter/jokowi
Nasional

Presiden Joko Widodo memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Istana pada Selasa (15/6) pagi untuk membahas perkembangan virus corona (COVID-19) di Ibu Kota.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa situasi wilayah Ibu Kota kembali menghadapi gelombang baru pandemi COVID-19 imbas dari libur lebaran 2021. Situasi virus corona (COVID-19) di Jakarta juga disebut bisa semakin genting bila tidak segera mengambil langkah.

Presiden Joko Widodo lantas memanggil Anies ke Istana pada Selasa (15/6) pagi untuk membahas perkembangan COVID-19 di Ibu Kota. Isi pembicaraan Jokowi dan Anies pun diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

"Presiden minta penggunaan masker di DKI Jakarta ditingkatkan lagi persentasenya. Karena menurut Bapak Presiden penggunaan masker ini sudah selamatkan 98 persen," tutur Riza di Gedung DPRD DKI, Selasa. "Masker ini membantu kita terbebas dari penyebaran virus corona."

Selain peningkatan penggunaan masker, Jokowi juga meminta Anies untuk meningkatkan penegakan protokol kesehatan. Kemudian, Jokowi juga mengingatkan Jakarta agar dapat meningkatkan pencapaian target vaksinasi COVID-19 sehingga kekebalan berkelompok alias herd immunity dapat tercapai pada bulan Agustus mendatang.


"Tadi Pak Gubernur langsung memimpin rapat bersama Forkopimda setelah dari Istana. Kita langsung menindaklanjuti dalam rencana aksi dan segera kita laksanakan mulai tadi rapat dan besok," jelas Riza. "Insya Allah tiga pesan itu yang penting. Jadi implementasi di lapangan dikuatkan, kedua tadi program vaksinasi, ketiga program 3M atau penggunaan masker ditingkatkan lagi."

Sebagai informasi, kasus aktif COVID-19 di Jakarta belakangan meningkat drastis. Keterisian tempat tidur isolasi alias bed occupancy rate (BOR) di Jakarta bahkan telah mencapai angka 78 persen.

"BOR kita juga naik signifikan per tanggal 14 Juni kapasitas tempat tidur isolasi sebanyak 7.341 terisi 5.752 atau sudah menyentuh 78 persen hanya dalam dua minggu," ungkap Kepala Dinas Kesehatan DKI, Widyastuti, dalam keterangan tertulis, Selasa. "Dan ICU sebesar 1.086 terisi 773 atau 71 persen."

DKI juga melaporkan 1.502 kasus COVID-19 baru pada Selasa kemarin. Pada hari yang sama, DKI melaporkan 1.329 tambahan pasien COVID-19 yang telah sembuh.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait