Keciduk Nonton 'Penthouse', Pemuda Korea Utara Dihukum 10-12 Tahun Kerja Paksa
SBS
TV

Baru-baru ini, sejumlah pemuda Korea Utara dilaporkan menerima hukuman kerja paksa selama 10-12 tahun karena ketahuan menonton 'Penthouse' dan drama Korea Selatan lainnya.

WowKeren - Korea Utara dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki aturan super ketat, khususnya yang berkaitan dengan negara tetangganya, Korea Selatan. Baru-baru ini sejumlah pemuda Korea Utara dilaporkan menerima hukuman 10-12 tahun kerja paksa karena ketahuan menyaksikan drama SBS "Penthouse".

Menurut laporan Daily NK, sidang terbuka digelar di sebuah stadion di Pyongsong, Korea Utara, pada 3 Juni untuk empat pemuda Korea Utara tersebut. Mereka dituduh telah berkumpul bersama untuk menyaksikan drama Korea Selatan hingga larut malam untuk merayakan ulang tahun pada tanggal 25 Mei.

Harian NK juga melaporkan bahwa sidang tersebut dilakukan dalam suasana yang berat dan menakutkan. Pasalnya, empat pemuda yang diadili turut dibelenggu ke podium.

Dalam memory stick yang ditemukan, pihak Pengadilan menemukan lebih dari 30 film, drama dan video musik Korea Selatan. Salah satu drama yang tersimpan dalam memory stick tersebut adalah "Penthouse".


Meski bersifat hiburan, tindakan tersebut dinilai telah melanggar Undang-Undang Pengecualian Budaya Ideologi Anti-reaksioner Korea Utara. Karena itulah keempat orang pemuda tersebut masing-masing dijatuhi hukuman 10 hingga 12 tahun. Bagi individu yang merayakan ulang tahun, dijatuhi hukuman terlama yakni 12 tahun.

Sementara itu, Undang-Undang Pengecualian Budaya Ideologi Anti-reaksioner telah disahkan akhir tahun lalu oleh Korea Utara. Baru-baru ini aturan tersebut mengontrol secara menyeluruh ide-ide anti sosialis, aliran masuk budaya serta kegiatan diseminasi.

Meskipun rinciannya tidak diungkapkan, distributor video eksternal konten dari Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang akan diberikan hukuman mati maksimum. Sedangkan mereka yang terlibat akan dihukum 15 tahun kerja paksa jika terbukti bersalah.

Di sisi lain, "Penthouse" season 3 baru saja menayangkan dua episode. Drama ini tengah menunjukkan kebangkitan Joo Dan Tae (Uhm Ki Joon) dan Cheon Seo Jin (Kim So Yeon) setelah bebas dari penjara. Kini mereka berpura-pura menjadi pasangan bahagia untuk meningkatkan harga saham Yayasan Cheong Ah.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru