Vietnam Akan Cabut Aturan Pembatasan COVID-19 Pada Penerbangan Internasional
Pexels/Brett Sayles
Dunia

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, Vietnam membatasi perjalanan internasional. Kini, Vietnam secara bertahap akan mulai kembali membuka penerbangan internasional.

WowKeren - Selama pandemi COVID-19 berlangsung, masing-masing negara di dunia menerapkan kebijakan pembatasan aktivitas, termasuk penerbangan internasional. Vietnam, diketahui akan mencabut aturan pembatasan COVID-19 pada penerbangan internasional semua tujuan negara.

Melansir Al Jazeera, Vietnam akan mulai mencabut pembatasan COVID-19 pada penerbangan internasional itu pada 15 Februari mendatang. Dalam pencabutan aturan ini nantinya tidak akan ada lagi batasan jumlah penerbangan. Hal ini dilaporkan oleh Surat Kabar Tuoi Tre yang dikelola oleh pemerintah pada Minggu (13/2).

Selama pandemi berlangsung, Vietnam telah memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat sejak awal pandemi berlangsung untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Aturan itu tampaknya menunjukkan keberhasilan di awal pandemi, namun itu merupakan pukulan bagi sektor pariwisata yang sedang berkembang yang menyumbang sekitar 10 persen dari produk domestik bruto.


"Vietnam akan mencabut pembatasan penerbangan internasional mulai 15 Februari. Frekuensi penerbangan akan dikembalikan ke tingkat pra-pandemi," tutur Dinh Viet Son selaku Wakil Direktur Administrasi Penerbangan Sipil Vietnam kepada Tuoi Tre, dikutip pada Senin (14/2).

Lebih lanjut, Son mengatakan bahwa Vietnam telah memberi tahu mitranya tentang kebijakan baru itu dan hanya Tiongkok yang belum setuju untuk melakukan penerbangan komersial dengan Vietnam.

Maka dari itu, secara bertahap, Vietnam akan melanjutkan penerbangan internasional dengan 15 pasar mulai awal tahun ini sembari mengurangi persyaratan karantina, dengan penumpang yang divaksinasi sekarang, dan hanya membutuhkan isolasi selama tiga hari.

Sejauh ini, angka kasus COVID-19 di Vietnam diketahui telah mencatat hampir 2,5 juta kasus COVID-19 sejak pandemi pertama kali berlangsung di negara Asia Tenggara tersebut. Sementara untuk angka kematian akibat COVID-19 telah mencapai angka 39 ribu kasus.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi COVID-19 terhadap penduduk di Vietnam, telah mencapai hampir 98 persen dari 98 juta penduduknya yang mendapatkan dua dosis vaksin. Hal ini berdasarkan data resmi yang dirilis oleh pihak berwenang.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru