*/
 
 
Ridwan Kamil Perpanjang Cuti Demi Pantau Pencarian Eril, Tim SAR Fokus Susur Dua Area Pintu Air
Nasional

Ridwan Kamil ajukan perpanjangan cuti lantaran sang putra sulung, Eril yang hilang terbawa arus sungai Aare, Swiss sejak Kamis (26/5) tak kunjung ditemukan. Tim SAR pun tengah fokus pada dua titik terdekat di lokasi terakhir terlihatnya Eril.

WowKeren - Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril diketahui hilang terbawa arus sungai Aare, Swiss. Eril diketahui hilang sejak Kamis (26/5). Hingga saat ini, Eril masih dalam proses pencarian.

Bahkan tim SAR dan kepolisian setempat telah memperluas area pencarian Eril. Perahu serta alat sensor canggih ikut diturunkan untuk membantu proses pencarian putra sulung Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga langsung ikut turun tangan memantau proses pencarian sang putra. Menurut laporan, saat ini pencarian difokuskan di dua pintu air terdekat di lokasi terakhir terlihatnya Eril. Dua area itu yakni Schwellenmaetelli dan Engehalde.

Tim SAR diketahui telah mengerahkan penyelam untuk pencarian di bawah air. Proses pencarian Eril ini melibatkan unsur polisi maritim, polisi setempat, tim SAR dan pemadam kebakaran. Drone dan sensor yang mampu mendeteksi kedalaman hingga 3 meter juga telah dimanfaatkan untuk membantu proses pencarian Eril.

Namun, sampai saat ini Eril tak kunjung ditemukan. Sementara, Dubes RI di Swiss, Muliaman D Hadad mengungkap mayoritas kasus orang hilang di sungai Aare biasanya 99,99 persen ditemukan dalam kurun waktu tiga minggu. Hal itu sesuai dengan keterangan yang disampaikan Tim SAR yang biasa menangani kasus tenggelam di daerah tersebut.


"Waktu kritikal itu 3 hari. Mayoritas kejadian (orang hilang di Sungai Aare), 99,99 persen ditemukan 3 minggu. Itu menurut mereka (Tim SAR), pengalaman mereka puluhan tahun," kata Muliaman dalam jumpa pers virtual. "Kemarin kita tanyakan kepada pihak polisi dan tim SAR, dari mereka kita memperoleh informasi setiap tahun kejadian serupa terjadi 15-20 kasus setiap tahun. Jadi kenapa cukup banyak, karena ini tempat di mana orang berenang."

Karena itu, Ridwan Kamil kabarnya telah mengajukan perpanjangan cuti agar bisa lebih lama berada di Swiss. Ridwan Kamil ingin memantau proses pencarian Eril secara langsung. Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

"Pak Gubernur nambah cuti sepekan ke depan untuk berada di Swiss, sehingga Beliau kalau ada di daerah kejadian menunggunya pun agak tenang, berbeda kalau Beliau pulang," ungkap Uu Razhanul Ulum saat ditemui ANTARA di acara peringatan Hari Lansia Nasional 2022 di Tasikmalaya, Minggu (29/5).

Sebagai Wakil Gubernur, Uu Razhanul Ulum pun meminta agar warga Jawa Barat memahami kondisi Ridwan Kamil saat ini. Ia berharap perpanjangan cuti Ridwan Kamil tak jadi masalah mengingat sang Gubernur tengah tertimpa musibah.

"Saya minta pengertian masyarakat, seandainya Pak Gubernur masih berada di luar negeri tidak dijadikan permasalahan seputar kinerja, karena di provinsi ada pejabat yang ada. Ada saya sebagai Plh. Toh saya komunikasi dengan Gubernur tidak ada kendala," harapnya.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru