Wanita di Taiwan Hasilkan Rp5 Miliar Lebih Jual Salinan Buku Catatan Siswa SMP
Unsplash/Daian Gan
SerbaSerbi

Catatan itu dibuat oleh seorang siswa di Taipei First Girls High School, yang merupakan salah satu sekolah menengah paling bergengsi secara akademis di Taiwan.

WowKeren - Seorang pelapak di platform e-commerce telah berhasil mengeruk keuntungan dari sumber yang tak terduga. Betapa tidak, wanita itu menjual salinan berwarna dari catatan revisi tulisan tangan seorang siswa.

Penghasilan yang didapatnya pun tak main-main, bahkan mencapai 10,5 juta dolar baru Taiwan atau sekitar Rp5,25 miliar. Salinan itu dijualnya lewat lapak dagang Shopee dengan judul "Taipei First Girls High School - Catatan untuk Program Penilaian Komprehensif untuk Siswa SMP - semua mata pelajaran (fotokopi berwarna), revisi 2019".

Wanita tersebut telah menjual total 2.653 eksemplar dengan harga masing-masing 2.600 dolar baru Taiwan atau sekitar Rp1.300.000. Taiwan News melaporkan jika daftar tersebut telah diambil dari rak setelah habis terjual.

Portal mengonfirmasi dengan penjual, "Cindy91005", bahwa catatan itu memang dibuat oleh seorang siswa di Taipei First Girls High School. Sekolah tersebut adalah salah satu sekolah menengah paling bergengsi secara akademis di Taiwan.


Menurut keterangan, catatan tersebut memiliki 422 halaman yang mencakup semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah pertama. Adapun mata pelajaran yang dimaksud adalah Bahasa Tiongkok, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah, Geografi, PKn, Fisika, dan Kimia, serta Biologi dan Ilmu Bumi.

Banyak yang memuji detail catatan itu, yang membuat item tersebut mendapat rating 4,9 dari 5 bintang dari 1.401 pembeli. Selain detail yang bisa diandalkan, pengaturan yang jelas, tata letak yang bersih, tulisan tangan yang bagus, dan pengiriman yang cepat menjadi nilai tambah dari item itu.

Lapak dagang tersebut selain menjual buku catatan yang berisi kompilasi mata pelajaran, juga menyediakan catatan untuk mata pelajaran tertentu, dengan harga antara 200 hingga 600 dolar baru Taiwan (100.000-300.000 rupiah), tergantung pada subjeknya.

Jika ditotal secara keseluruhan, pelapak tersebut telah menjual 11.217 eksemplar, dengan setiap item terjual habis kecuali untuk catatan mata pelajaran kewarganegaraan Perkiraan penjualan catatan per subjek menambahkan 3,6 juta dolar baru Taiwan ke pendapatan penjual, sehingga totalnya menjadi lebih dari 10,5 juta sebagaimana disebutkan di atas.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru