Masih Belum Ada Pengganti Mendiang MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Jokowi Sebut Dalam Proses
presidenri.go.id
Nasional

Presiden Jokowi hingga kini belum juga mengumumkan pengganti mendiang Tjahjo Kumolo di kursi MenPAN-RB. Sebelumnya, Mendagri Tito ditunjuk sebagai MenPAN-RB ad interim.

WowKeren - Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) hingga saat ini masih belum terisi, sejak Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Presiden Joko Widodo sendiri mengatakan proses pengisian posisi tersebut masih dalam proses.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa saat ini masih dalam kondisi berduka. "Belum, masih dalam proses semuanya, kita juga menunggu. Masih dalam suasana duka," ujar Jokowi kepada wartawan di Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7).

Sebagaimana diketahui, saat ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tengah menjadi MenPAN-RB ad interim pada 4 hingga 15 Juli 2022 nanti. Adapun penunjukan ini berdasarkan pada surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara.

Sebelum menunjuk Tito sebagai MenPAN-RB ad interim saat Tjahjo meninggal dunia, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD lebih dulu menduduki posisi tersebut kala Tjahjo sedang sakit. Di sisi lain, nama yang digadang-gadang bakal menjadi pengganti Tjahjo pun juga telah bermunculan.


Salah satunya adalah nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang disebut-sebut akan menduduki posisi sebagai MenPAN-RB. Atas hal ini, Ganjar mengatakan bahwa saat ini ia ingin fokus terlebih dahulu di Jateng.

Selain itu, Jokowi sebelumnya juga disebut telah mengantongi nama calon pengganti Tjahjo. Hal ini disampaikan oleh Mahfud MD.

Mahfud MD menilai bahwa Jokowi telah memiliki perangkat penilaian yang tepat untuk menunjuk pengganti mendiang Tjahjo. Namun ia juga merasa bahwa pihaknya tidak memiliki hak dalam menilai sosok yang akan menduduki kursi MenPAN-RB.

Sementara itu, Parpol yang membawahi Jokowi yakni PDIP diketahui menyerahkan keputusan tersebut kepada Presiden. Meski begitu, PDIP juga mengatakan bahwa pihaknya memiliki stok kader yang dinilai mumpuni menduduki posisi MenPAN-RB.

Saat disinggung mengenai apakah pengganti Tjahjo tetap berasal dari kadernya, Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat sebelumnya juga menyampaikan bahwa hal tersebut bergantung kepada keputusan Jokowi dan penugasan Ketum Megawati Soekarnoputri.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait