Kemunculan Pangeran Andrew Sejak Kematian Ratu Dikecam 'Korban' Skandal Pelecehan Seksual
AP/Steve Parsons
Dunia

Sejak terseret dalam skandal pelecehan seksual, Pangeran Andrew diketahui tidak pernah lagi muncul di hadapan publik. Namun pada saat Ratu Elizabeth II meninggal, Pangeran Andrew kembali muncul di muka umum.

WowKeren - Sejak Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 lalu, Pangeran Andrew kembali muncul ke hadapan publik untuk pertama kalinya sejak terseret dalam skandal pelecehan seksual. Hal ini lantas memicu kecaman dari para "korban" skandal tersebut.

Sebagaimana diketahui, beberapa bulan lalu, di tengah kejatuhan dari hubungannya yang panjang dan kontroversial dengan terpidana penyelundup seks Jeffrey Epstein dan Ghislaine Maxwell, penampilan Pangeran Andrew di hadapan publik, apapun tampaknya sama sekali tidak mungkin.

Di samping itu, imbas skandal tersebut, Pangeran Andrew sendiri juga telah dilucuti dari perlindungan militernya dan penggunaan gelar HRH setelah ia membayar penyelesaian keuangan kepada Virginia Giuffre yang menuduhnya melakukan kekerasan seksual, yang mana hal ini dibantahnya.

Berdasarkan informasi yang didapat dari The Guardian, bagi para pengacara yang mewakili korban Epstein, dan bagi para advokat lain untuk para kejahatan seks, kemunculan kembali Pangeran Andrew di hadapan publik itu tampak menggelegar.


Mariann Wang selaku perwakilan lebih dari belasan penyintas Epstein mengatakan bahwa "sangat memalukan melihat Andrew diberi segala bentuk kehormatan atau hak istimewa yang disponsori negara, mengingat afiliasi masa lalunya dengan Jeffrey Epstein".

Sebagai informasi, Epstein mengaku bersalah atas permintaan anak di bawah umur untuk prostitusi pada tahun 2008 silam. Dalam hal ini, Epstein rupanya juga menyeret nama Pangeran Andrew.

Sementara Andrew yang terus berhubungan dengan pemodal New York lama setelah pengakuan bersalahnya, dengan keras menyangkal klaim bahwa dia berhubungan seks dengan penuduh Epstein ketika gadis itu masih remaja.

Lebih lanjut, Wang mengatakan bahwa "para wanita pemberani yang maju untuk meminta pertanggungjawaban Epstein, Maxwell, dan lainnya pantas mendapatkan yang lebih baik. Perilaku dan penilaiannya di masa lalu memperjelas bahwa dia tidak layak atas hak istimewa yang disponsori negara, termasuk menuai keuntungan menjadi seorang bangsawan".

Di sisi lain, atas skandal pelecehan seksual yang menyeret namanya, Pangeran Andrew dilarang untuk mengenakan seragam militer saat menghadiri persemayaman Ratu Elizabeth II. Alhasil, sang Duke of York pun mengenakan serangkaian medali militer pada setelan jas sipil.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait