Dikritik Karena Dianggap Remehkan Kualitas Jamu Herbal, JTBC Edit Adegan di 'Doctor Cha'
JTBC
TV

Beberapa penonton yang menonton drama 'Doctor Cha' menunjukkan bahwa ada salah satu adegan yang dianggap 'meremehkan jamu tanpa memberikan bukti yang jelas' menarik perhatian.

WowKeren - Episode pertama dan kedua dari drama JTBC “Doctor Cha”, yang ditayangkan pada tanggal 15 dan 16 April kemarin membahas tentang transplantasi hati. Karakter utama Cha Jung Sook (Uhm Jung Hwa) dirawat di rumah sakit karena hepatitis akut setelah meminum obat yang dibuat di pusat kesehatan. Menderita efek samping setelah meminum obat herbal yang diberikan oleh neneknya, Cha Jung Sook berada dalam situasi serius dimana dia harus menerima transplantasi hati.

Meskipun dialog ini dimaksudkan untuk secara dramatis menggambarkan motivasi Cha Jung Sook untuk mengembangkan impian menjadi dokter lagi, beberapa penonton yang menonton drama tersebut menunjukkan bahwa adegan tersebut “meremehkan jamu tanpa memberikan bukti yang jelas”.

Di Naver TV, salah satu netizen menarik perhatian dengan komentar mereka, mengatakan “Jadi masalah hati disebabkan oleh jamu? Siapa yang akan bertanggung jawab atas kerusakan yang akan ditimbulkan oleh kesalahan seperti itu pada mereka yang bekerja dengan jamu? Penulis yang secara membabi buta percaya pada dokter membuat hasutan palsu tanpa bukti."


Selain itu, Asosiasi Pengobatan Korea benar-benar mengirimkan bukti isi JTBC dan surat yang menuntut pengecekan fakta dan koreksi informasi. Setelah itu, JTBC memutuskan untuk mengedit adegan kontroversial tersebut dan hanya membisukan kata “obat herbal”. Meski tim produksi mengungkapkan bahwa obat dalam drama tersebut tidak diciptakan oleh dokter jamu yang mumpuni, namun tidak mudah meredakan kemarahan publik.

Bahkan setelah adegan itu diedit, opini negatif masih mengalir di papan buletin pemirsa, dengan alasan bahwa spekulasi tentang situasi dapat dibuat berdasarkan adegan sebelumnya dan berikutnya. Beberapa dokter jamu juga menyatakan penyesalan bahwa tim produksi drama seharusnya menerima konsultasi profesional sebelum membuat konten terkait jamu yang belum dikonfirmasi. Bahkan mereka menegaskan bahwa obat herbal terstandar yang diresepkan sebenarnya aman.

Sementara itu, “Doctor Cha” mendapatkan perhatian dari para penggemar drama karena peringkatnya terus meningkat. Menurut Nielsen Korea, ratingnya melampaui 10% setelah hanya menayangkan 4 episode. “Doctor Cha” bercerita tentang Cha Jung Sook, yang telah hidup sebagai ibu rumah tangga selama lebih dari 20 tahun sejak lulus dari sekolah kedokteran, menjadi dokter residen tahun pertama.

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru