Produser Lagu EXO Ekspos Sikap SM Entertainment dalam Garap Album 'EXIST', Sengaja Sabotase?
Twitter/weareoneEXO
Musik

Dalam siaran live Instagram baru-baru ini, Produser Marz/MZMC yang berkomunikasi dengan EXO-L mengaku bahwa SM Entertainment mungkin telah melupakan atau sengaja menghapus suara drum.

WowKeren - Baru-baru ini, muncul spekulasi di kalangan penggemar EXO bahwa SM Entertainment sengaja mencoba "menyabotase" comeback grup tersebut. Spekulasi tersebut muncul terutama setelah produser Marz/MZMC menggelar siaran live dan mengungkapkan bahwa SM tidak merilis lagu "Cinderella" dalam "versi yang seharusnya".

Di tengah tingginya minat terhadap album baru EXO "EXIST", yang dirilis pada 10 Juli, SM Entertainment terus menuai kritik dari EXO-L (fandom EXO) karena perlakuan mereka terhadap grup tersebut. Sebelum dirilis, EXO-L telah menyuarakan kemarahan mereka terhadap agensi karena promosi yang "buruk" dan kurangnya dukungan.

Saat itu, kekecewaan fandom semakin besar setelah produser SM, yang dikreditkan untuk lagu b-side "Cinderella" dan "Private Party", mengungkapkan bahwa agensi merilis versi "tidak lengkap" dari lagu sebelumnya. Dalam siaran live Instagram baru-baru ini, Produser Marz/MZMC yang berkomunikasi dengan EXO-L mengaku bahwa SM Entertainment mungkin telah melupakan atau sengaja menghapus suara drum yang seharusnya ditambahkan di bagian bridge dari "Cinderella".

Dalam versi demo, nada tinggi Baekhyun yang menyanyikan "Cinderella" dalam waktu 1:30 menit dari lagu tersebut harusnya diikuti dengan suara drum. Namun dalam versi yang dirilis, Marz menggambarkannya sebagai "kosong" setelah suara drum dihilangkan.


Produser Lagu EXO Ekspos Sikap SM Entertainment dalam Garap Album \'EXIST\', Sengaja Sabotase?

Twitter

Sementara agensi selalu membuat keputusan akhir saat merilis lagu artisnya, produser juga menyiratkan bahwa dia tidak dapat memperbaiki atau mengomentarinya karena SM Entertainment tidak mengizinkannya mendengarkan versi final sebelum dirilis, ketika sebagian besar agensi tempat dia bekerja sebelumnya biasanya memperbolehkannya.

Kendati begitu, "Cinderella" langsung menjadi favorit penggemar berkat suara dan vokal para para yang merdu meski tanpa suara drum. Beberapa penggemar bahkan menyiratkan bahwa mungkin lebih baik tanpa drum. EXO-L lainnya juga membela SM dan menjelaskan bahwa pasti ada alasan agensi harus menghapus suara drum.

Namun, setelah mendengarkan versi demonya, ada rasa tidak enak di antara beberapa EXO-L yang mempertanyakan niat SM Entertainment untuk menghilangkannya. Fans menunjukkan betapa tidak sopannya SM kepada produser dan menuduh agensi tersebut mencoba dengan sengaja merusak comeback EXO.



(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru