ZEROBASEONE Disebut Grup Pembuka Generasi Ke-5 Dinilai Cuma Strategi Marketing
Instagram/official.zb1
Musik

Meskipun baru beberapa tahun sejak generasi keempat aktif dan belum membuat lebih banyak rekor, idol 'generasi ke-5' muncul di pasar K-pop. Reporter TenAsia Kim Ji Won pun memberikan kritiknya.

WowKeren - Apa standar bagi grup idol untuk bisa disebut sebagai pembuka era K-pop baru? Dalam sebuah artikel, seorang reporter mempertanyakan ZEROBASEONE yang disebut telah membuka era "generasi ke-5" K-pop.

Saat ini, K-pop memasuki generasi keempat yang meliputi aespa, IVE, LE SSERAFIM, NewJeans, dan grup-grup yang debut 2 atau 3 tahun sebelum mereka. Ini merupakan era para artis yang aktif sebagai kekuatan musik yang mendominasi chart musik.

Meskipun baru beberapa tahun sejak generasi keempat aktif dan belum membuat lebih banyak rekor, idol "generasi ke-5" telah muncul di pasar K-pop. Sementara setiap era memiliki karakteristik yang berbeda dari generasi ke-1 hingga ke-4, grup generasi ke-5 yang memproklamirkan diri belum memiliki karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya.


Dengan ini, reporter TenAsia Kim Ji Won memberikan kritiknya dan menulis, "Diferensiasi generasi dapat dikatakan sebagai semacam 'fenomena sosial'. Itu terjadi ketika seseorang secara alami mengatur dan mengikat apa yang tampak sama untuk jangka waktu tertentu kemudian."

Ia melanjutkan, "Inilah mengapa beberapa orang mengatakan bahwa grup 'generasi ke-5' yang memproklamirkan diri adalah semacam 'strategi pemasaran'. Ini adalah operasi untuk membingungkan publik seperti pemimpin generasi ini dengan mendahului istilah generasi ke-5."

Seorang pejabat industri K-pop yang baru-baru ini merilis grup baru juga mengonfirmasi bahwa era generasi ke-5 belum dibuka, dengan mengatakan, "Ketika kamu seorang rookie, sulit untuk menarik perhatian kecuali kamu adalah agensi besar, tapi kenyataannya, grup yang bukan perusahaan besar terjebak di generasi ke-4,5."

Sedangkan ZEROBASEONE adalah grup yang dikelola oleh Wake One, anak perusahaan CJ ENM. Mereka adalah boy grup multinasional beranggotakan sembilan orang yang dipilih melalui audisi Mnet "Boys Planet". Sementara grup yang disebut sebagai idol generasi keempat aktif secara aktif, kemunculan generasi ke-5 sangat singkat dibandingkan dengan siklus pergantian generasi sebelumnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait