Bang Si Hyuk-Park Jin Young Ngobrol Soal Nilai Royalti Lagu Apalagi Jika Tembus AS
Instagram
Musik

Kedua produser sekaligus pendiri agensi Kpop besar Bang Si Hyuk bersama Park Jin Young juga mendiskusikan nilai tinggi dari lagu-lagu mereka yang berpenghasilan luar biasa.

WowKeren - Bang Si Hyuk dari HYBE bersama Park Jin Young dari JYP Entertainment baru-baru ini duduk dalam percakapan menarik di acara tvN "You Quiz on the Block". Kedua produser sekaligus pendiri agensi Kpop besar itu juga mendiskusikan nilai tinggi dari lagu-lagu mereka yang berpenghasilan luar biasa.

Park Jin Young mengawali dengan menyebutkan lagu-lagu hit Twice sebagai lagu dengan pendapatan tertinggi "terbaru" dalam daftarnya. "Angkanya berbeda. Sungguh sulit dipercaya. Dulu, Bang Si Hyuk berkata, 'Jika satu lagu menjadi hit di Amerika Serikat, itu bisa menghasilkan puluhan miliar won', dan itu sungguh terjadi," seru Park Jin Young meski tak merinci secara pasti jumlah penghasilan lagu-lagu tersebut, yang jelas jumlahnya mencapai miliaran.

Di sisi lain, Bang Si Hyuk, yang diperkirakan memiliki kekayaan 1,9 miliar USD menurut Forbes itu malah tak tahu pasti penghasilan dari lagu yang diciptakannya. "Maaf. Aku benar-benar tidak tahu (berapa penghasilan lagu-lagu peringkat teratasku). Aku belum pernah memeriksanya," ungkapnya membanggakan kelas yang luar biasa dimana saat ini, modal pasar HYBE diperkirakan mencapai 11,8 triliun won.


Momen ini kemudian menjadi topik hangat di media dalam negeri, dengan banyak reporter yang mengangkat kasus lain di mana orang-orang di industri hiburan Korea menyebutkan berapa banyak penghasilan yang mereka peroleh dari royalti hak cipta. Salah satu contohnya adalah penyanyi trot Young Tak yang muncul di program variety MBC "Radio Star" pada bulan Agustus dan berkata, "Aku berhati-hati ketika berbicara tentang pendapatan yang saya terima dari royalti hak cipta. Dalam kasus laguku, itu sekitar 100 kali lipat dari sewa bulanan rumah yang dulu aku tinggali."

Selain itu Kim Min Suk dari Melomance juga berbicara tentang royalti hak cipta di "Point of Omniscient Interfere" pada bulan Februari, dengan mengatakan, "Orang tuaku yang mengatur pendapatan. Aku mendapat tunjangan bulanan sebesar 5 juta won. Ketika pendapatanku paling rendah, royalti hak cipta saja yang dibayarkan tiga kali lipat uang sakunya."

Terakhir ada solois Ahn Ye Eun yang bercanda tentang pedang bermata dua royalti hak cipta saat tampil di "Video Star" pada Juli 2020. "Royalti hak cipta yang aku terima adalah tentang gaji seorang eksekutif senior di sebuah perusahaan besar. Aku memperoleh sekitar 100 juta memenangkan satu tahun dari royalti hak cipta. Berkat itu, aku membayar banyak pajak," ungkapnya.

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait