30 Seconds to Mars Profile
30 Seconds to Mars Profile Photo

30 Seconds to Mars

Profesi
Band Rock Alternative
Tgl Lahir
Jan 27, 1998
Lahir di
Amerika Serikat
Profesi
Band Rock Alternative
Populer
Single "The Kill" (2006)
Tempat Lahir
Amerika Serikat
Populer Sejak
Single "The Kill" (2006)

Thirty Seconds to Mars atau 30 Seconds to Mars adalah band rock alternatif dari Los Angeles, California, Amerika Serikat. Grup band yang terbentuk tahun 1998 ini pada mulanya beranggotakan 5 orang yakni Jared Leto (vokalis), Shannon Leto (drummer), Solon Bixler (gitaris), Matt Wachter (bassist) dan Kevin Drake (gitaris).

Para personil band ini mengambil nama 30 Seconds to Mars dari sebuah naskah kuno berjudul Argus Apocraphex. "30 Seconds to Mars menjelaskan bahwa kita begitu dekat dengan sesuatu yang sebenarnya jauh. Selain bisa dijadikan metafora untuk masa depan, sifat imajinasinya cocok menggambarkan musik-musik yang kami usung," terang Jared yang dulu sempat menekuni jalur akting itu.

30STM, kependekan dari 30 Seconds to Mars, mengawali karir dari panggung dan klub di Amerika. Selama masa itu, mereka merekam beberapa demo lagu buatan Jared seperti "Valhalla" dan "Revolution". Dari demo tersebut mereka mendapatkan kontrak rekaman pertama mereka di Virgin Records (1999).

Di bawah arahan Bob Ezrin dan Brian Viruts, 30STM meluncurkan album pertama, 27 Agustus 2002. Album yang bertajuk "30 Seconds to Mars" ini sukses menempati posisi pertama Top Heatseekers dan ke-107 Billboard 200 di Amerika Serikat. Album bertema kebulatan tekad manusia ini terjual 121 ribu copy di minggu pertama dan membuat nama 30STM mulai dikenal.

Namun, ditengah selebrasi kesuksesan album pertama, Solon Bixler memutuskan hengkang. Keluarnya Bixler dari grup yang berkaitan dengan masalah tur itu menjadi awal bergabungnya Tomo Milicevic ke dalam 30STM.

30STM kembali meraih sukses di album kedua, "A Beautiful Lie". Album yang rilis 30 Agustus 2005 itu meraih penghargaan platinum dari RIAA (Asosiasi Industri Rekaman Amerika). Dengan lagu andalannya "Attack", band ini berhasil mencapai angka penjualan sebanyak 4 juta copy serta dianugrahi emas dan platinum dari berbagai negara lain.

Beberapa penghargaan juga didapatkan 30STM dari album kedua mereka. Video klip arahan Jared berhasil memenangkan penghargaan MTV Europe Music Award 2007 kategori Best Rock. Lagu "The Kills" dan "From Yesterday" keluar sebagai pemenang kategori Best Single di ajang Kerrang! Award selama 2 tahun berturut-turut, 2007 dan 2008. Sedangkan November 2008, Jared dan kawan-kawan kembali menyabet kategori Best Rock dan Best Video di ajang MTV Europe Music Awards.

30STM harus kembali berhadapan dengan masalah di tengah kesuksesan album kedua. Band pelantun soundtrack film "Alice in Wonderland", "Her Name is Alice", ini kembali kehilangan satu personilnya, Matt Wachter. Keluarnya Matt dengan alasan ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga membuat Tim Kelleher masuk sebagai bassist tambahan.

Selain pergantian personil, 30STM juga berurusan dengan kasus hukum. EMI Records menuntut 30STM senilai USD 30 juta (Rp 339 miliar) karena mereka hendak keluar dari Virgin Records yang merupakan anak perusahaan dari EMI. 30STM dianggap tidak memenuhi 3 dari 5 poin kontrak yang disetujui sebelumnya. Permasalahan itu berakhir damai setelah negosiasi antara EMI dengan 30STM.

Setahun setelahnya, 30STM menghadirkan album ketiga mereka, "This Is War", 8 Desember 2009. 30STM menyuguhkan sesuatu yang beda dengan melibatkan fans di album terbaru mereka. Di album ini, fans diminta menyumbang suara sebagai backing vokal dan foto sebagai cover album.

Konsep tersebut sukses mengantar 30STM melejit. Single pertama berjudul sama, "This Is War", debut di posisi 10 besar Billboard 200 Amerika Serikat. Lagu itu juga mengantarkan 30STM meraih piala Best Rock Video di MTV Video Music Awards 2010. Grup band yang digawangi 3 personilnya ini juga tercatat dalam Guinness Book of Record. Mereka adalah artis dengan jumlah penampilan live terbanyak untuk sebuah album ("This is War"). 30STM tercatat telah tampil sebanyak 300 kali untuk albumnya yang ketiga saja.

30 Seconds to Mars menghabiskan sepanjang 2012 untuk produksi album ke-4. Dengan berhenti sejenak dari segala kegiatan tur, Jared Leto mengungkapkan bahwa grup ini siap menghadirkan sesuatu yang berbeda dari musik mereka sebelumnya. Album "Love, Lust, Faith and Dreams" pun resmi rilis 21 Mei 2013. Lagu "Up in the Air" dari album ini meraih piala MTV Video Music Awards 2013 kategori Best Rock Video.

30 Seconds to Mars Lirik Lagu