Afgan Profile
Afgan Profile Photo

Afgan

Profesi
Penyanyi
Nama Asli
Afgan Syah Reza
Tgl Lahir
May 27, 1989
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Penyanyi
Populer
Merilis single "Terima Kasih Cinta" (2008)
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Loyd Yahya
Ibu
Lola Purnama
Pendidikan
  • Pernah kuliah di Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi
  • Kuliah di Monash University, Kuala Lumpur, Malaysia, jurusan Bisnis Ekonomi
Kekasih
Olivia Lubis Jensen (aktris, mantan), Rossa (penyanyi)
Populer Sejak
Merilis single "Terima Kasih Cinta" (2008)

Afgan Syah Reza atau yang lebih dikenal dengan nama Afgan dibesarkan dalam keluarga penikmat musik. Sejak remaja Afgan sering didapuk oleh teman-temannya untuk menjadi penyanyi dalam acara-acara sekolah. Karirnya dimulai saat ia bersama teman-temannya iseng merekam suara mereka untuk dijadikan koleksi pribadi di WannaB Instant Recording Studio. Tak disangka, produser WannaB Production tertarik ketika mendengar suara Afgan dan menawarinya masuk ke dunia rekaman.

Meski awalnya ragu, akhirnya Afgan mengeluarkan album debut "Conffession No.1" pada 2008. Dengan single andalan "Terima Kasih Cinta" dan "Sadis", Afgan berhasil menduduki chart teratas di berbagai radio. Sejak saat itu namanya mulai masuk jajaran penyanyi solo pria top di Indonesia. Berkat Album ini juga, Afgan meraih berbagai penghargaan di ajang bergengsi seperti MTV Indonesia Awards 2008 sebagai Best Artist of The Year, Anugerah Musik Indonesia 2009 sebagai penyanyi solo pria terbaik dan SCTV Music Awards 2009 sebagai Album solo terbaik untuk "Confession No.1".

Selanjutnya Afgan merilis mini album di bulan Ramadhan, "Bersihkan Dirimu" (2009). Tak hanya itu, ia juga menelurkan album kedua yang berjudul "The One" (2010). Dengan single andalan "Bukan Cinta Biasa", penyanyi berlesung pipit ini kembali mengukuhkan namanya sebagai penyanyi solo pria ngetop di ajang SCTV Music Awards 2010.

Pada 2011 Afgan tidak merilis album karena kesibukannya kuliah. Ia memutuskan untuk berkuliah di negeri jiran tepatnya di Monash University Malaysia. Meski begitu, penyanyi berdarah Minangkabau ini tetap bolak-balik ke Indonesia untuk menghibur penggemarnya.

Selang 2 tahun kemudian, Afgan kembali ke blantika musik Indonesia dengan meluncurkan sebuah album bertajuk "L1ve to Love, Love to L1ve". Album berisi 10 lagu ini mengusung single andalan "Jodoh Pasti Bertemu" karya dari Bemby Noor.

Afgan juga merambah karirnya ke dunia akting. Ia memulai debutnya dengan muncul sebagai dirinya sendiri dalam film "Bukan Cinta Biasa" (2009). Meski hanya mendapat peran kecil, Afgan didapuk untuk menyanyikan soundtrack-nya yang berjudul sama yaitu "Bukan Cinta Biasa".

Dalam film keduanya, Afgan dipercaya oleh Benni Setiawan untuk berperan sebagai aktor utama "Cinta 2 Hati". Film yang dirilis pada 2010 ini bercerita tentang kehidupan Afgan sebagai penyanyi yang sedang diperebutkan oleh 2 gadis cantik, Tika Putri dan Olivia Jensen. Gara-gara film ini juga Afgan sempat dikabarkan menjalin hubungan dengan Olivia Jensen namun mereka membantahnya.

Gosip asmara kembali menerpa Afgan ketika membintangi film ketiganya, "Refrain". Ia diisukan cinta lokasi dengan aktris Maudy Ayunda yang berperan sebagai lawan mainnya di sana. Dalam film tersebut keduanya berperan sebagai sepasang sahabat yang diam-diam saling mencintai.

Afgan Lirik Lagu