Alessandro Del Piero Profile
Alessandro Del Piero Profile Photo

Alessandro Del Piero

Profesi
Atlet bola
Nama Asli
Alessandro Del Piero
Tgl Lahir
Nov 9, 1974
Lahir di
Conegliano, Veneto, Italia
Profesi
Atlet bola
Populer
Bermain dalam klub bola Itali "Juventus" (1993)
Tempat Lahir
Conegliano, Veneto, Italia
Tinggi Badan
173
Kewarganegaraan
Italia
Warna Rambut
Coklat
Warna Mata
Coklat
Ayah
Gino
Ibu
Bruna
Saudara
Stefano (atlet bola, kakak laki-laki)
Suami/Istri
Sonia Amoruso (sejak 2005)
Anak-anak
Tobias Del Piero (laki-laki, L. 2007), Dorothea (perempuan, L. 2009), Sasha (laki-laki, L. 2010)
Populer Sejak
Bermain dalam klub bola Itali "Juventus" (1993)

Alessandro Del Piero sudah mempunyai ketertarikan yang besar terhadap dunia sepak bola sejak ia kecil. Di umurnya yang masih 7 tahun, ia bergabung di klub San Vendemiano. Saat itu, pesepakbola yang akrab disapa Ale ini berperan sebagai kiper sesuai permintaan ibunya. Hal itu karena beliau menganggap posisi tersebut aman dari berbagai cedera.

Namun sang kakak, Stefano, yang juga pemain bola di Sampdoria merasa Ale cocok bermain sebagai penyerang. Ia berpendapat Del Piero mempunyai kemampuan yang cukup kreatif untuk membantu menyerang, membuat assist maupun mencetak gol. Sejak saat itu Del Piero bermain sebagai penyerang.

Di usianya yang ke-13 tahun, Del piero pindah ke klub muda Padova Calcio. Ia memulai debutnya bersama Padova di Liga Italia Serie B, 1992. Gol pertamanya dibuat saat melawan klub Ternana. Berkat permainannya yang apik, ia kemudian dibeli oleh Juventus seharga 5 miliar Lire, 1993.

Debutnya bersama Juventus terjadi saat melawan Foggia. Namanya semakin meroket saat berhasil mencetak hattrick melawan Parma. Prestasinya bersama Juventus juga cukup membanggakan. Ia ikut merasakan gelar juara Liga Series A sebanyak 8 kali dan juara Liga Champions 1996 usai mengalahkan klub Ajax.

Kesetiaan Del Piero terhadap Juventus juga tidak diragukan lagi. Saat Juventus harus terdegradasi ke Serie B tahun 2006, Del Piero tetap memilih bertahan bersama klub yang telah membesarkan namanya tersebut. Pemain setinggi 173 cm ini telah bermain selama 19 musim bersama Juventus hingga tahun 2012. Setelah itu, ia memutuskan untuk bermain bersama Sydney FC.

Suami dari Sonia Amoruso ini juga pernah membela Timnas Italia. Ia memulai karir internasionalnya di ajang Piala Eropa 1996 melawan Rusia. Del Piero kemudian membela Italia di Piala Dunia 1998 dengan melawan Kamerun. Momen yang paling membanggakan adalah saat ia menyumbang gol penalti ke gawang Perancis dan berhasil membawa Italia menjadi juara di ajang Piala Dunia 1996.

Ayah 3 anak ini ternyata juga punya ketertarikan di bidang musik. Ia pernah merekam beberapa album. Bahkan salah satu fansnya pernah terbangun dari koma selama 15 hari setelah mendengar rekaman lagu dari Del Piero. Selain itu Del Piero juga terkenal suka beramal. Ia sering terlibat dalam sejumlah badan amal salah satunya dengan menyumbangkan 5 juta Lire untuk organisasi penderita AIDS, 1998.