Alfred Molina Profile
Alfred Molina Profile Photo

Alfred Molina

Profesi
Aktor
Nama Asli
Alfredo Molina
Tgl Lahir
May 24, 1953
Lahir di
Paddington, London, Inggris
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Kenneth Halliwell di film "Prick Up Your Ears" (1987)
Tempat Lahir
Paddington, London, Inggris
Tinggi Badan
189
Kewarganegaraan
Inggris
Ayah
Esteban Molina
Pekerjaan Ayah
Pelayan
Ibu
Giovanna Molina
Pekerjaan Ibu
Cleaning Service Hotel
Suami/Istri
Jill Gascoine (aktris, sejak 1985)
Anak-anak
Adam (laki-laki, tiri), Sean (laki-laki, tiri), Rachel Molina (perempuan, L. 1980)
Populer Sejak
Berperan sebagai Kenneth Halliwell di film "Prick Up Your Ears" (1987)

Alfred Molina lahir di Paddington, London, 24 Mei 1953. Ayah Alfred, Esteban, merupakan warga negara Spanyol yang hijrah ke London untuk bekerja sebagai pelayan dan supir. Sementara ibunya, Giovanna, merupakan warga keturunan Italia yang bekerja sebagai koki dan pegawai hotel bagian kebersihan.

Kecintaan Alfred pada film dimulai ketika dia berusia sembilan tahun. Kala itu, Alfred menyaksikan sebuah film tentang Spartacus. Usai menonton film tersebut, Alfred pun memutuskan untuk menjadi aktor dan menempuh pendidikan di Guildhall School of Music and Drama di London.

Tahun 1978, Alfred memulai debutnya sebagai aktor lewat serial TV yang tayang di Inggris, "The Losers" (12 November – 17 Desember 1978). Demi mengembangkan bakatnya, Alfred sama sekali tak pernah memilih-milih peran. Dia bersedia tampil di film layar lebar pertamanya, "Raiders of the Lost Ark" (1981) meski hanya mendapatkan peran kecil. Namanya sebagai aktor baru mulai dikenal saat dia terpilih untuk beradu akting dengan Gary Oldman di film "Prick Up Your Ears" (1987).

Di era tahun 90an, Alfred berhasil membintangi beberapa film terkenal seperti "Maverick" (1994), "Species" (1995), "Boogie Nights" (1997) dan "Magnolia" (1999). Kepiawaiannya sebagai aktor yang ahli memerankan karakter antagonis semakin diakui ketika Alfred terpilih menghidupkan karakter jahat di komik Marvel, Doctor Octopus, dalam film adaptasi "Spider-Man 2". Berkat film tersebut, Alfred terpilih membintangi film box office diantaranya "The Da Vinci Code", "The Pink Panther 2", "Prince of Persia: The Sands of Time", "The Sorcerer's Apprentice" dan "Abduction".

Berbeda dengan karakter antagonis yang biasa dimainkannya, aktor yang kini berusia 57 tahun ini adalah figur ayah dan suami yang penyayang. Tahun 1985, Alfred menikah dengan aktris TV dan novelis asal Inggris, Jill Gascoine. Pasangan yang terpaut usia 16 tahun ini dikaruniai seorang putri bernama Rachel Molina (1980). Adapun Alfred memiliki dua putra tiri yakni Adam dan Sean. Selain itu, Alfred juga telah dikaruniai dua cucu yakni Alfie (November 2003) dan Layla (Mei 2006).