Beyonce Knowles Profile
Beyonce Knowles Profile Photo

Beyonce Knowles

Profesi
Penyanyi, pencipta lagu, produser rekaman, aktris
Nama Asli
Beyonce Giselle Knowles
Tgl Lahir
Sep 4, 1981
Lahir di
Houston, Texas, Amerika Serikat
Profesi
Penyanyi, pencipta lagu, produser rekaman, aktris
Populer
Merilis album "Dangerously in Love" (2003)
Tempat Lahir
Houston, Texas, Amerika Serikat
Tinggi Badan
170
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Hitam
Warna Mata
Hitam
Ayah
Mathew Knowles
Pekerjaan Ayah
Manajer rekaman
Ibu
Tina Knowles
Pekerjaan Ibu
Desainer kostum, penata rambut
Pendidikan
  • Bersekolah di Welch Middle School di Houston, Texas
  • Bersekolah di The High School for the Performing and Visual Arts di Houston, Texas
  • Lulus dari Alief Elsik High School di Houston
  • Jay-Z (penyanyi, sejak 04-Apr-08)
Saudara
Solange Knowles (penyanyi, adik perempuan, L. 24-Jun-86), Nixon Knowles (adik laki-laki, seayah, L. Feb-10)
Suami/Istri
Jay-Z (penyanyi, sejak 04-Apr-08)
Anak-anak
Blue Ivy Carter (perempuan, L. 07-Jan-12), Rumi (kembar, perempuan, L. Jun-17), Sir Carter (kembar, laki-laki, L. Jun-17)
Populer Sejak
Merilis album "Dangerously in Love" (2003)

Beyonce Giselle Knowles atau yang akrab disapa Beyonce Knowles merupakan putri dari Mathew Knowles (salesman alat kesehatan dan manager rekaman) dan Tina Beyince (desainer kostum dan penata rambut) yang lahir di Houston, Texas, 4 September 1981. Beyonce memiliki adik yang juga menjadi penyanyi Solange Knowles. Sejak kecil, Beyonce telah menunjukkan bakatnya sebagai penyanyi yang mahir membawakan nada-nada tinggi. Saat masih berusia tujuh tahun, Beyonce berhasil memenangkan kompetisi nyanyi pertamanya lewat single John Lennon, "Imagine". Beyonce kecil yang awalnya seorang gadis pemalu ini pun berambisi untuk menjadi penyanyi terkenal.

Melihat bakat putrinya, Mathew dan Tina kemudian memasukkan Beyonce ke sekolah musik di Houston. Rupanya bakat menyanyi Beyonce semakin berkembang. Beyonce kemudian memulai debutnya sebagai penyanyi cilik profesional saat berhasil lolos audisi untuk menjadi anggota grup musik rap, Girl's Tyme. Bersama grup pertamanya tersebut, Beyonce tampil di kompetisi unjuk bakat yang disiarkan TV CBS, "Star Search". Sayangnya, saat itu grup Girl's Tyme belum berhasil lolos di kompetisi tersebut. Meski demikian Beyonce mengaku tetap berusaha untuk mengejar impiannya sebagai penyanyi. Adapun para personil pertama Girl's Tyme diantaranya Tamar Davis, kakak beradik Nikki dan Nina Taylor, Beyonce, LaTavia Roberson dan Kelly Rowland.

Demi mengembangkan bakat Beyonce, Mathew kemudian mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai salesman pada tahun 1995. Mathew kemudian alih profesi menjadi manajer bagi Girl's Tyme. Keputusan Mathew tersebut ternyata berimbas terhadap kondisi keuangan keluarganya. Beyonce dan keluarganya terpaksa tinggal terpisah di dua apartemen karena tekanan ekonomi setelah Mathew keluar dari pekerjaannya. Bahkan Girl's Tyme sampai harus berlatih di salon milik Tina dan halaman belakang agar mereka bisa tampil maksimal sebagai penyanyi. Tak lama kemudian Mathew memutuskan untuk mengurangi para personil Girl's Tyme menjadi empat anggota yakni Beyonce, LaTavia, Kelly dan personil yang baru bergabung tahun 1993, LeToya Tuckett. Bersamaan pergantian formasi tersebut, Girl's Tyme kemudian mengganti namanya menjadi Destiny's Child.

Beranjak dewasa, Beyonce yang masih tergabung dalam Destiny's Child tersebut semakin piawai dalam menyanyi. Nasib baik datang padanya ketika Destiny's Child berhasil merilis debut album yang diproduksi label rekaman Columbia Records, "Destiny's Child" (1998). Berkat album tersebut, nama Beyonce sebagai penyanyi semakin dikenal. Namanya sebagai penyanyi juga ikut melejit ketika grup yang kemudian berganti formasi menjadi Beyonce, Kelly, Michelle Williams (II)" dan Farah Franklin ini berhasil meraih dua penghargaan Grammy 2001 lewat single "Say My Name".

Semakin berambisi, istri Jay-Z (menikah 2008) ini kemudian juga merilis debut solo albumnya, "Dangerously in Love" (2003). Berkat album tersebut, Beyonce meraih banyak penghargaan diantaranya lima penghargaan Grammy 2004 dan empat penghargaan di ajang MTV Video Music Awards tahun 2003 dan 2004. Beberapa singlenya yang telah dirilis juga menjadi hits seperti "Deja Vu", "Irreplaceable", "Halo" dan "Single Ladies (Put a Ring on It)". Selain menyanyi solo, Beyonce juga kerap diminta untuk tampil berduet dengan beberapa penyanyi terkenal seperti 50 Cent (single "In Da Club") dan Lady Gaga (single "Telephone").

Seiring kesuksesannya sebagai penyanyi, Beyonce juga mulai merambah dunia akting. Tiga tahun setelah merilis debut album bersama Destiny's Child, Beyonce berhasil memulai debutnya sebagai aktris di film musikal produksi MTV, "Carmen: A Hip Hopera" (2001). Kepiawaiannya bernyanyi sekaligus berakting juga dapat disaksikan di beberapa film musikal seperti "The Fighting Temptations", "Dreamgirls" dan "Obsessed".

Loading...
Beyonce Knowles Lirik Lagu