Cakra Khan Profile
Cakra Khan Profile Photo

Cakra Khan

Profesi
Penyanyi
Nama Asli
Cakra Konta Paryaman
Tgl Lahir
Feb 27, 1992
Lahir di
Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia
Profesi
Penyanyi
Populer
Merilis single "Harus Terpisah" (2012)
Tempat Lahir
Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Hermana
Pekerjaan Ayah
Guru
Ibu
Entik Trisuyatmi
Pekerjaan Ibu
Guru
Pendidikan
  • SMP 1 Parigi
  • SMA 1 Parigi
  • Kuliah jurusan Vocal Clasic di Sekolah Tinggi Musik Bandung
Populer Sejak
Merilis single "Harus Terpisah" (2012)

Cakra Konta Paryaman atau yang lebih akrab dikenal sebagai Cakra Khan merupakan penyanyi Indonesia. Pemilik suara serak ini dilahirkan di Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, 27 Februari 1992.

Menyanyi sudah ditekuni Cakra sejak ia menjadi murid di SDN Karangbenda 1. Ia sering mengikuti kontes menyanyi dangdut dari panggung ke panggung. Namun, tak satupun gelar berhasil ia dapatkan saat itu.

Kegagalan semasa kecil tak membuat Cakra meninggalkan musik. Ia justru tergabung dalam sebuah band di masa SMP dan SMA. Ia juga mengubah aliran lagu yang dibawakannya. Penyuka kelinci ini mempelajari genre musik baru seperti rock, pop, jazz dan blues. Kecintaan Cakra terhadap seni menyanyi membuatnya terjun lebih dalam di dunia ini. Ia mengambil jurusan Vocal Classic di Sekolah Tinggi Musik Bandung (STMB).

Karir profesional Cakra dalam dunia musik berawal di 2012. Ia berhasil keluar sebagai pemenang di ajang audisi yang diselenggarakan oleh Sony Music Indonesia. Dari situ Cakra mendapat kesempatan merilis lagu "Harus Terpisah" Juni 2012.

Penampilan Cakra dengan lagu melow tersebut sukses menyita perhatian penikmat musik. Lagu "Harus Terpisah" sering diperdengarkan di berbagai siaran radio. Dari situ ia mulai sering muncul di televisi. Tak hanya itu, Cakra sukses memboyong 3 gelar di Ajang AMI Awards 2013 antara lain Pendatang Baru Terbaik, Penyanyi Solo Pria Pop Terbaik, Karya Produksi Lagu Pop Terbaik "Harus Terpisah".

Keberhasilan Cakra dengan single perdana membuatnya semakin serius bermusik. Ia merilis album pertamanya yang bertajuk "Cakra Khan" 20 Agustus 2013. Di album tersebut ia bekerja sama dengan musisi sekaligus personel band Kerispatih, Badai. Album yang berisi sembilan lagu Indonesia dan satu lagu asing tersebut digadang-gadangkan sebagai bentuk dari taste seorang Cakra Khan.

Mengenai kehidupan pribadi, penyanyi yang baru saja menjalani sidang skripsinya ini mengaku single. Ia masih belum ingin mencari tambatan hati. Pasalnya, Cakra lebih memilih untuk fokus di karir musiknya saat ini.

"Pacar? Saya fokus ke album saya sekarang, harus dipromosikan," kata Cakra kepada media. "Kejar materi dulu deh, sejahterakan diri, orangtua keluarga, baru deh. Sekarang saya fokus kerja dulu."

Loading...
Cakra Khan Lirik Lagu