Biografi Charlize Theron

Lahir di Afrika Selatan pada 7 Agustus 1975, Charlize Theron merupakan anak tunggal dari Charles Jacobus Theron (meninggal 1990) dan Gerda Jacoba Aletta. Charlize memiliki saudara tiri bernama Denver yang meninggal karena kecelakaan mobil pada Mei 1997.

Perjalanan karir Charlize dimulai ketika dia terpilih membintangi film horor "Children of the Corn III: Urban Harvest" (1995). Tak butuh lama bagi Charlize untuk menjadi terkenal. Namanya melejit ketika dia beradu akting dengan Al Pacino dan Keanu Reeves di film "The Devil's Advocate" (1997).

Kepiawaiannya berakting semakin diakui saat Charlize berhasil meraih dua penghargaan bergengsi Golden Globe dan Oscar untuk kategori Best Actress lewat film adaptasi dari kisah nyata pembunuh berseri sekaligus pelacur lesbian Aileen Wuornos, "Monster". Rupanya akting Charlize yang memerankan Aileen dipuji banyak kritikus karena dia telah sukses menghidupkan karakter penjahat berseri yang dieksekusi tahun 2002 itu. Adapun penampilan Charlize sebagai aktris juga dapat disaksikan di beberapa film terkenal seperti "North Country", "Aeon Flux", "Hancock", "In the Valley of Elah" dan "The Road".

Di kehidupan pribadi, Charlize merupakan salah satu figur aktris yang peduli terhadap masalah-masalah sosial. Selain merupakan anggota aktif PETA, aktris yang kini berusia 34 tahun itu juga terlibat dalam organisasi perempuan dan mendukung pernikahan dengan sesama jenis.

Juli 2009, Charlize membentuk gerakan peduli Afrika Selatan, Africa Outreach Project, yang bekerja sama dengan LAFC Soccer Club. Dalam usahanya itu, Charlize membantu pengembangan kawasan miskin yang ada di Afrika Selatan terutama dalam bidang olahraga. Bersama LAFC Soccer Club, Charlize ikut membangun lapangan olahraga dan memprakarsai program sepakbola di beberapa sekolah di kawasan Umkhanyakude, Afrika Selatan. Tak hanya itu, proyek sosial tersebut juga menyediakan seragam dan perlengkapan sepakbola secara gratis.

Meski perjalanan karirnya cukup sukses, namun hal tersebut rupanya tak berlaku bagi kehidupan asmaranya. Dalam perjalanan hidupnya, Charlize sempat mengalami kegagalan dalam hal percintaan. Tahun 1996 hingga 1998, dia sempat menjalin kasih dengan aktor film "Cinderella Man", Craig Bierko. Tak lama setelah hubungannya dengan Craig berakhir, Charlize menjalin kasih dengan vokalis band Third Eye Blind, Stephan Jenkins (Jan 1998 - Jul 2001). Selisih satu bulan, Charlize kemudian menjadi kekasih Stuart Townsend. Namun, hubungan yang hampir berusia 9 tahun itu akhirnya kandas setelah mereka berpisah pada Januari 2010.

Loading...