Daniel Radcliffe Profile
Daniel Radcliffe Profile Photo

Daniel Radcliffe

Profesi
Aktor
Nama Asli
Daniel Jacob Radcliffe
Tgl Lahir
Jul 23, 1989
Lahir di
Fulham, London, Inggris
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Harry Potter di serial film Harry Potter (2001 - 2011)
Tempat Lahir
Fulham, London, Inggris
Tinggi Badan
172.5
Kewarganegaraan
Inggris
Warna Rambut
Cokelat
Warna Mata
Biru
Ayah
Alan George Radcliffe
Pekerjaan Ayah
Agen karya sastra
Ibu
Marcia Jeannine Gresham
Pekerjaan Ibu
Agen casting film BBC
Pendidikan
  • Bersekolah di Sussex House School di London, Inggris
  • Bersekolah di City of London School di London, Inggris
Kekasih
Laura O'Toole (aktris, 2007 - 2008), Alana Dawes (2008), Rosanne Coker (asisten produksi, 2010 - 2011), Erin Darke (aktris, sejak 2012)
Populer Sejak
Berperan sebagai Harry Potter di serial film Harry Potter (2001 - 2011)

Daniel Jacob Radcliffe alias Daniel Radcliffe lahir 23 Juli 1989 sebagai anak tunggal pasangan agen karya kesusastraan Alan George Radcliffe dan agen casting film BBC, Marica Jeannine Gresham. Kecintaan Daniel pada akting telah dimulai sejak dia masih berusia lima tahun. Pada Desember 1999, Daniel mengawali debutnya sebagai aktor lewat drama televisi produksi BBC yang merupakan adaptasi dari novel karangan Charles Dickens berjudul sama "David Copperfield". Ketika itu Daniel memerankan versi muda dari karakter utama David Copperfield.

Dua tahun setelah menjajal kemampuan akting sebagai aktor drama TV, Daniel muda kemudian memulai karirnya di layar lebar. Dia terpilih untuk membintangi film adaptasi sebuah novel tentang mata-mata karangan John le Carre berjudul sama, "The Tailor of Panama" (2001). Dalam film yang dibintangi Pierce Brosnan tersebut Daniel berperan sebagai Mark Pendel, putra Harold "Harry" Pendel yang diperankan aktor senior Geoffrey Rush.

Di awal perjalanan karirnya, Daniel sepertinya cukup beruntung dengan film adaptasi dari sebuah novel. Pada tahun yang sama dengan kemunculan film "The Tailor of Panama", Daniel berhasil lolos audisi dan lagi-lagi terpilih untuk membintangi film adaptasi dari seri novel karangan J. K. Rowling berjudul sama, "Harry Potter and the Philosopher's Stone". Dalam film arahan sutradara Chris Columbus tersebut, Daniel berhasil memerankan karakter utama penyihir muda bernama Harry Potter.

Kepiawaiannya berakting sebagai Harry dapat disaksikan di seri film "Harry Potter" yakni "Harry Potter and the Chamber of Secrets", "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban", "Harry Potter and the Goblet of Fire", "Harry Potter and the Order of the Phoenix" dan "Harry Potter and the Half-Blood Prince". Adapun Daniel akan kembali menghidupkan karakter Harry Potter di sekuel terbarunya film yang akan tayang tahun ini "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part I" dan film yang akan tayang 2011 mendatang, "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II".

Aktor yang akan berusia 21 tahun pada Juli nanti ini dikenal sangat serius dalam menjiwai peran-perannya. Hal itu nampak saat dia tampil sebagai pemuda yang terobsesi pada kuda, Alan Strang, di drama yang digelar di teater West End di London serta di teater Broadway, "Equus" (2007-2008). Dalam perannya tersebut, Daniel sampai rela tampil telanjang di salah satu adegan drama tersebut. Rencananya, Daniel akan unjuk kebolehan menyanyi dalam drama musikal Broadway arahan Rob Ashford, "How To Succeed In Business Without Really Trying", yang akan digelar tahun depan.

Daniel akan berperan sebagai seorang remaja bernama J. Pierrepont Finch yang berprofesi sebagai pembersih jendela. Untuk perannya itu, Daniel tengah serius menjalani latihan menyanyi dan menari bersama pelatih vokal dan asisten Rob. Tak tanggung-tanggung, Daniel melakukan latihannya itu hampir setiap hari. Salah satu lawan main Daniel di drama tersebut, Rose Hemingway, mengaku sangat kagum dengan bakat dan kerja keras Daniel. Rose yang seorang aktris senior itu juga mengungkapkan kalau Daniel sama sekali tak pernah takut mempelajari banyak hal baru.

Selain kesibukannya sebagai aktor, Daniel juga terlibat dalam kegiatan sosial. Tahun 2005, Daniel ikut andil dalam usaha penggalangan dana bagi korban bencana alam Tsunami. Pada 26 Februari 2010 lalu, Daniel terlibat dalam produksi iklan layanan masyarakat yang dibuat lembaga amal di kawasan Wall Street, New York City, Trevor Project. Lembaga tersebut merupakan lembaga amal yang khusus untuk membantu melakukan usaha pencegahan bunuh diri bagi para remaja lesbian, gay, biseksual, transgender dan remaja.