Eru Profile
Eru Profile Photo

Eru

Profesi
Penyanyi, aktor
Nama Asli
Jo Sung Hyun
Tgl Lahir
Jul 5, 1983
Lahir di
New York, AS
Profesi
Penyanyi, aktor
Populer
Merilis single "Black Glasses" dari album "Level II" (2006)
Tempat Lahir
New York, AS
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Ayah
Tae Jin Ah (a.k.a Jo Bang Hun)
Pekerjaan Ayah
Penyanyi
Pendidikan
  • Seoul American High School
Populer Sejak
Merilis single "Black Glasses" dari album "Level II" (2006)

Eru populer di Indonesia setelah berduet dengan Sule lewat lagu "Saranghaeyo" (2013). Penyanyi bernama asli Jo Sung Hyun ini dilahirkan 5 Juli 1983, di New York, Amerika Serikat. Bakat menyanyi Eru tampaknya menurun dari sang ayah. Ayah Eru yang bernama Tae Jin Ah atau Jo Bang Hun dulunya memang seorang penyanyi trot Korea (musik tradisional Korea).

Eru tinggal di Amerika Serikat hingga usianya menginjak tujuh tahun. Lalu, ia pindah ke Seoul, Korea, sebelum akhirnya kembali lagi ke Negeri Paman Sam untuk melanjutkan studinya di Jurusan Piano di Berklee College of Music di Boston.

Sewaktu remaja, Eru sebenarnya bercita-cita menjadi produser rekaman. Banyak lagu yang sudah diciptakannya. Namun setelah beberapa saat, ia memutuskan tak ingin orang lain menyanyikan lagu-lagunya. Ia ingin menyanyikannya sendiri. Eru berpikir bahwa seseorang yang menyusun lagu, akan memahaminya lebih baik.

Debutnya sebagai penyanyi dimulai 2005. 6 September 2005, Eru merilis album "Begin to Breathe", dengan single "Rebirth". Album yang berisi sebelas lagu, dengan dominasi bahasa Korea ini berhasil terjual 17 ribu keping. Ia pun meraih penghargaan Popularity Award dan Yepp New Artist Award di ajang Mnet Golden Disk Awards 2005.

Setahun berikutnya, album keduanya yang bertitel "Begin to Breathe" dirilis. Ketenarannya menanjak berkat kesuksesan album dengan single andalan "Black Glasses" itu. Single "Black Glasses" meraih Digital Music Awards dalam Jukeon Digital Music Awards. Selain itu, beragam penghargaan lain seperti Bonsang Awards di SBS Gayo Daejun dan "Digital Popularity Awards" dari Mnet 21st Golden Disk Awards sukses diraih penyanyi berzodiak Cancer ini. Albumnya pun laku terjual hingga 35 ribu keping.

Sukses Eru menarik minat sebuah produser untuk mengajaknya bermain fim. Eru ditawari untuk bermain dalam film Jepang berjudul "Three Tattoos". Namun, tawaran menggiurkan itu ditolak agensi yang menaunginya. Alasannya, kepopuleran Eru masih dianggap standar.

Seiring popularitasnya yang terus meroket, Eru pun menerbitkan album ketiganya yang bertajuk "Eru Returns", 19 September 2007. Kembalinya Eru ini semakin menancapkan namanya sebagai penyanyi solo pria terpopuler di Korea. Album ini mencapai angka penjualan lebih dari 50 ribu keping.

Eru termasuk penyanyi yang cukup produktif dalam menghasilkan karya. Setelah album ketiga, berturut-turut ia merilis "Eru Returns Repackage", "Eru Digital Single Album", "Got To Be", "Feel Brand New", dan "Feel Brand New Part 2". Juga, beberapa single seperti "Dda Rah Rah" dan "Don't Hurt", berduet dengan HyunA.

Eru kemudian vakum sementara di 2008 untuk program wajib militer. Empat tahun kemudian, Eru menyapa publik Indonesia lewat film "Hello Goodbye". Ia sempat berduet dengan Atiqah Hasiholan untuk soundtrack film tersebut. Namun kolaborasi yang membuatnya terkesan yakni saat menyanyi bersama Sule.

"Sule sudah terkenal di Korea. Semoga itu bisa membuat saya kembali berduet dengan Sule," harap Eru. "Saya senang bisa duet dengan Sule."

Loading...
Eru Lirik Lagu