Ewan McGregor Profile
Ewan McGregor Profile Photo

Ewan McGregor

Profesi
Aktor
Nama Asli
Ewan Gordon McGregor
Tgl Lahir
Mar 31, 1971
Lahir di
Crieff, Perthshire, Scotland
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Mark Renton di "Trainspotting" (1995)
Tempat Lahir
Crieff, Perthshire, Scotland
Tinggi Badan
5' 10.5"
Kewarganegaraan
Scottish
Ayah
James Charles Stuart McGregor
Pekerjaan Ayah
Guru Olahraga
Ibu
Carol Diane Lawson
Pekerjaan Ibu
Guru dan Pengurus Sekolah
Pendidikan
  • Menempuh pendidikan di Morrison Academy di Crieff, Scotland
  • Studied drama for a year at Fife College of Further and Higher Education di Kirkcaldy, Scotland
  • Bersekolah di London's Guildhall School of Music and Drama for three years
Saudara
Colin (kakak, pilot Royal Air Force)
Suami/Istri
Eve Mavrakis (desainer produksi, sejak 22-Jul-95)
Anak-anak
Clara Mathilde (lahir Feb 1996), Esther Rose (lahir 7-Nov-01), Jamyan (l. Jun-2001, adopsi), Annouk (l. Jan-2011, adopsi)
Populer Sejak
Berperan sebagai Mark Renton di "Trainspotting" (1995)

Lahir di Crieff, Perthshire, Skotlandia, 31 Maret 1971, Ewan Gordon McGregor alias Ewan McGregor merupakan putra pasangan guru James Charles Stuart McGregor dan Carol Diane Lawson. Ewan memiliki kakak bernama Colin. Kecintaan Ewan pada akting telah dimulai sejak dia masih muda. Meski baru berusia sembilan tahun, Ewan telah membulatkan tekad untuk berkarir di dunia akting. Saat beranjak dewasa, Ewan menempuh pendidikan drama di Guildhall School of Music and Drama. Enam bulan sebelum kelulusannya di sekolah tersebut, Ewan terpilih membintangi serial drama TV yang tayang di BBC, "Lipstick on Your Collar" (1993). Bersamaan dengan serial tersebut, Ewan juga berhasil memulai debutnya di layar lebar lewat film "Being Human". Meski hanya mendapat peran kecil, Ewan mendapat kesempatan untuk tampil bersama aktor senior seperti Robin Williams dan William H. Macy di film tersebut.

Tiga tahun kemudian, nama Ewan sebagai aktor semakin diakui kala dia berhasil membintangi film legendaris "Trainspotting" (1996). Berkat penampilannya sebagai pecandu heroin Mark Renton, Ewan dianugrahi penghargaan di ajang BAFTA Scotland Award untuk kategori Best Actor in a Leading Role dan Empire Award untuk kategori Best British Actor. Selain itu, Ewan juga meraih nominasi di MTV Movie Award untuk kategori Best Breakthrough Performance.

Setelah sukses di film "Trainspotting", karir Ewan meningkat pesat. Dia mendapat kesempatan untuk membintangi film saga Starwars, "Star Wars Episode I: The Phantom Menace" (1999). Kepiawaiannya sebagai aktor semakin melejit saat Ewan tak hanya menampilkan kemampuannya berakting tetapi juga ikut menyanyi di film musikal "Moulin Rouge!" (2001). Dalam film tersebut, Ewan membawakan beberapa single duet bersama Nicole Kidman yakni "Come What May" dan "Elephant Love Medley" serta solo single milik Elton John, "Your Song". Sejak perannya sebagai Christian di film tersebut, Ewan mendapat kesempatan untuk membintangi film-film terkenal diantaranya "Down with Love", "The Island", "Deception" dan "Angels & Demons". Kemampuan aktingnya juga dapat disaksikan di film terbarunya seperti "The Ghost Writer" dan "Nanny McPhee Returns.

Meski meraih kesuksesan sebagai aktor, Ewan yang kini berusia 39 tahun, mengungkapkan kalau dia tak suka mengumbar kehidupan pribadinya. Ewan kerap menolak ketika ditanya seputar kehidupan keluarganya karena dia menghargai privasi anak-anak serta istrinya. Adapun Ewan telah menikah dengan production designer asal Perancis bernama Eve Mavrakis pada 22 Juli 1995. Ewan berkenalan dengan Eve ketika Ewan tampil di acara TV Inggris "Kavanagh QC" (1995). Dari pernikahan yang kini telah berjalan hampir 15 tahun itu, Ewan dan Eve dikaruniai dua putri yakni Clara Mathilde (lahir Februari 1996) dan Esther Rose (7 November 2001). Ewan juga memiliki anak adopsi asal Mongolia, Jamiyan (Juni 2001).


Loading...