Biografi Jake Gyllenhaal

Jacob Benyamin Gyllenhaal atau lebih dikenal sebagai Jake Gyllenhaal lahir di Los Angeles, California, pada 19 Desember 1980. Dia memiliki kakak bernama Maggie Gyllenhaal yang juga berprofesi sebagai seorang aktris.

Ayah Jake, Stephen Gyllenhaal, adalah sutradara terkenal yang pernah menyutradarai beberapa film box-office seperti “A Dangerous Woman” (1993). Sementara ibu Jake, Naomi Foner, merupakan penulis naskah yang pernah meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Original Screenplay lewat “Running on Empty” (1988).

Mengikuti jejak ayah dan ibunya, Jake pun terinspirasi untuk menjalani karir di bidang akting. Jake yang serius dan pekerja keras ini berhasil mendapatkan peran pertamanya di film “City Slickers” (1991) ketika dia masih berusia 11 tahun.

Demi mendukung karirnya sebagai aktor, Jake kerap bermain di film milik ayahnya seperti “A Dangerous Woman” dan “Homegrown” (1998). Namun, namanya sebagai aktor baru mulai dikenal setelah dia mendapat pujian karena bermain di film indie arahan sutradara Richard Kelly, “Donnie Darko” (2001). Dalam film tersebut, Jake dianggap telah berhasil memerankan karakter remaja yang terlihat normal sekaligus berantakan dalam satu adegan yang sama. Tak lama setelah itu, Jake banyak mendapat tawaran untuk bermain di beberapa film Box-Office. Bahkan dia juga sempat dicasting untuk menggantikan aktor Tobey Maguire di film “Spider-Man 2”. Namun, rupanya keberuntungan masih belum berpihak pada Jake. Dalam casting tersebut, Jake tidak terpilih. Meski demikian, dia tetap berhasil mendapatkan peran di film besar yakni ketika ia memerankan karakter anak dari Dennis Quaid di film “The Day After Tomorrow”.

Tahun 2005-2006 sepertinya menjadi tahun keemasan bagi Jake. Pasalnya, dia berhasil mendapat tawaran di beberapa film besar seperti “Proof”, “Jarhead” dan “Brokeback Mountain”. Bahkan berkat perannya sebagai pria penyuka sesama jenis di “Brokeback Mountain”, Jake berhasil meraih penghargaan, diantaranya MTV Movie Awards 2006 untuk kategori Best Kiss dan Best Performance. Selain itu dia juga meraih nominasi Best Supporting Actor dalam ajang Oscar 2006. Meski berhasil, kerja keras Jake sebagai aktor tak berhenti sampai disitu. Bahkan berkali-kali Jake membuktikan kecintaannya terhadap akting dengan bermain di beberapa film terkenal seperti “Zodiac”, “Rendition” dan film terbarunya yang akan yang akan dirilis tahun 2010 ini, “Prince of Persia: The Sands of Time”.

Tentu saja menjadi seorang aktor bukan satu-satunya hal yang dia sukai. Aktor yang sempat menjalin kasih selama tiga tahun dengan Reese Witherspoon ini juga gemar ambil bagian dalam kegiatan politik. Bersama saudarinya Maggie, Jake tampil dalam iklan layanan masyarakat produksi yayasan non profit Rock the Vote. Dalam iklan tersebut Jake dan Maggie mengajak para remaja untuk turut menyumbangkan suara untuk pemilu di Amerika Serikat tahun 2004. Selain itu, Jake juga pernah terlibat dalam kampanye tahun 2004 milik kandidat Presiden Amerika Serikat, John Kerry.

Selain berpolitik, Jake juga aktif dalam kegiatan pecinta lingkungan seperti partisipasinya dalam program yayasan Future Forest di Mozambique. Dalam kegiatan amal itu, Jake menyumbangkan 400 dollar tiap tahun untuk penanaman pohon di Mozambique. Dia juga pernah terbang ke Artic untuk menyuarakan kepeduliannya akan peristiwa perubahan iklim yang terjadi disana.

Loading...