Jung Yong Hwa Profile
Jung Yong Hwa Profile Photo

Jung Yong Hwa

Profesi
Penyanyi, Aktor
Tgl Lahir
Jun 22, 1989
Lahir di
Yeoksam-dong, Seoul, Korea Selatan
Profesi
Penyanyi, Aktor
Populer
Menjadi vokalis band "CN Blue" (2009)
Tempat Lahir
Yeoksam-dong, Seoul, Korea Selatan
Tinggi Badan
180
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Populer Sejak
Menjadi vokalis band "CN Blue" (2009)

Jung Yong Hwa merupakan leader band CN Blue. Semasa kecil, penyanyi yang dulunya akrab dipanggil Yong Yong atau Yonghwa ini tinggal bersama orangtua dan seorang kakak laki-laki yang berusia 4 tahun lebih tua darinya. Keluarga Yonghwa kemudian pindah ke Busan pada 1991. Di sana, ia melanjutkan pendidikan SMA sekaligus belajar bermusik. Sedangkan masa kuliah artis yang hobi mengoleksi cincin dan aksesoris ini dihabiskan di Jepang.

Sebelum terjun ke dunia hiburan, penyanyi yang fasih berbahasa Jepang ini sempat terkenal dengan predikat Best Nine School Ulzzang. Ia ikut terkenal bersama sejumlah bintang lainnya seperti Lee Jong Hyun CN Blue, Jaehyo Block B, Lee Joon MBLAQ dan Himchan B.A.P. Pecinta film thriller ini dikenal dengan julukan Ulzzang di dunia maya terutama karena penampilan fisiknya. Agen FNC Entertainment secara kebetulan melihat foto Yonghwa yang diunggah di internet. Mereka kemudian menawari kontrak padanya. Namun penyanyi yang selalu rangking 10 besar di sekolah ini malah menolak tawaran tersebut dengan alasan tidak ingin menjadi seorang seniman. Ia baru bersedia menjalani audisi setelah mendapat dukungan dari orangtua.

Yonghwa kemudian berhasil terpilih dan bergabung bersama CN Blue. Dalam grup CN Blue, penyanyi yang piawai memainkan gitar, piano dan klarinet tersebut mewakili akronim huruf E (dari BLUE) yang berarti Emotional.

"'Emotional' merupakan gambaran kepribadianku," kata penyanyi yang juga akrab disapa Yong Yong ini. "Aku memang selalu penuh perasaan dan serius terutama saat menggarap lagu."

Namanya semakin dikenal setelah kesuksesan debut album CN Blue "Now or Never" (2009). Dalam album yang rilis di Jepang tersebut, penyanyi berusia 24 tahun ini juga menyumbangkan lagu ciptaannya yakni "Love Revolution" dan "Just Please".

Sayangnya saat baru merintis karir bersama CN Blue, penyanyi yang benci dengan lebah dan kecoak itu mengalami masalah pita suara. Yonghwa mengeluhkan kondisinya tersebut setelah menyelesaikan syuting acara SBS yang berjudul "Kim Jung Eun's Chocolate", April 2010. Agensi kemudian memutuskan Yonghwa harus beristirahat selama sebulan demi memulihkan kualitas suara sekaligus kesehatannya.

Yonghwa juga menunjukkan kemampuannya sebagai penyanyi solo lewat single perdana "For First Time Lovers" (2011). Single versi digital ini berhasil merajai berbagai tangga lagu di Korea selama 2 minggu berturut-turut. Tak hanya menyanyi, Yonghwa piawai sebagai komposer, penulis lagu bahkan memproduseri debut album artis muda Juniel ("Fool").

Prestasi lainnya yakni di bidang akting. Ia merupakan member pertama CN Blue yang tampil di layar kaca dan menekuni bidang akting. Penggemar serial Jepang "Buzzer Beat" tersebut pertama kali terlibat dalam serial SBS yang berjudul "You're Beautiful" (2009). Dalam serial itu, Yonghwa beradu akting diantaranya dengan Jang Geun-suk, Park Shin Hye dan Lee Hongki FT Island. Sementara di serial, "Heartstrings", Yonghwa menuai kekaguman bukan hanya lewat perannya sebagai Lee Shin tetapi juga kemampuannya menggarap soundtrack serial tersebut, "Because I Miss You".

Aktor yang pernah diisukan cinlok dengan Park Shin Hye ini juga terkenal saat menjadi bintang tamu di "We Got Married" (2011) bersama Seohyun Girls' Generation. Selain itu, ia pernah menjadi host di beberapa acara diantaranya "Inkigayo", "Music Bank" versi Chile, "Gayo Daechukje" dan Golden Disk Awards in Malaysia.

Yonghwa pernah mendapatkan sejumlah penghargaan dalam karirnya. Melalui serial "You're Beautiful", ia pernah memenangkan kategori Popularity Award di Korean Drama Awards 2010. Selain itu ia meraih penghargaan kategori Hallyu Star Award di K-Drama Star Awards 2012 lewat serial "Heartstrings". 2013, ia dinominasikan untuk kategori Best Couple Award with Han Chae Ah di KBS Drama Awards lewat serial "Marry Him If You Dare" (2013). Namun prestasi tak membuat Yonghwa cepat puas. Ia terus mengembangkan kemampuannya dan meniti karir bersama CN Blue. 2014, Yonghwa dan CN Blue comeback lewat album ke-5 mereka yang berjudul "Can't Stop" (2014).

Jung Yong Hwa Lirik Lagu

Loading...