Mulan Jameela Profile
Mulan Jameela Profile Photo

Mulan Jameela

Profesi
Penyanyi
Nama Asli
Raden Terry Tantri Wulansari
Tgl Lahir
Aug 23, 1979
Lahir di
Garut, Jawa Barat, Indonesia
Profesi
Penyanyi
Populer
Menjadi vokalis grup Ratu (2005 - 2007)
Tempat Lahir
Garut, Jawa Barat, Indonesia
Tinggi Badan
162
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
R HE Komar
Ibu
Titi Aisyah (m. 08-Mar-13, paru-paru basah dan infeksi)
Pendidikan
  • Sekolah di SMP Jelang Senja, Garut
  • Sekolah di SMA Jamilah Sari 7, Garut
  • Pernah kuliah di STBA, Bandung
  • Harry Indra Nugraha (cerai 2005), Ahmad Dhani (musisi, sejak 13-Mar-09)
Suami/Istri
Harry Indra Nugraha (cerai 2005), Ahmad Dhani (musisi, sejak 13-Mar-09)
Anak-anak
Tyarani Savitri (perempuan), Muhammad Rafly Aziz (laki-laki), Safeea (perempuan), Ahmad Hasil (laki-laki, m. 01-Sep-12, premature), Muhammad Ali (laki-laki, L. 04-Jun-16)
Populer Sejak
Menjadi vokalis grup Ratu (2005 - 2007)

Mulan Jameela memiliki nama asli Raden Terry Tantri Wulansari. Mantan vokalis duo Ratu ini lahir di Garut, Jawa Barat, 23 Agustus 1979. Mulan sempat menikah pada tahun 1999 dengan Indra Nugraha dan dikaruniai dua orang anak, yaitu Tyarani Savitri dan Muhammad Rafly Aziz. Sayangnya pernikahan tersebut harus berakhir dengan perceraian pada tahun 2005.

Mulan pertama kali muncul di dunia industri tanah air ketika ia menggantikan posisi Pinkan Mambo sebagai vokalis duo Ratu. Duo besutan Maia Estianty tersebut menerimanya sebagai vokalis di awal tahun 2005. Mulan, yang ketika itu memakai nama panggung Mulan Kwok, bersama Maia merilis dua album yang meraih kesuksesan besar, yaitu "Ratu & Friends" (2005) dan "No. Satu" (2006). Dengan melambungnya nama Ratu saat itu, Mulan pun ikut melejit sebagai salah satu vokalis papan atas.

Namun, kekompakan duo yang namanya sedang di atas angin itu tidaklah lama. Akhir Januari 2007 Mulan memutuskan untuk mundur dari duo Ratu karena merasa dijatahi honor yang tidak proporsional dan tidak-adanya transparansi keuangan.

Mulan ditampung oleh Republik Cinta Management (RCM) di bawah naungan Ahmad Dhani, mantan suami Maia. Dinaungi oleh Dhani, Mulan merilis albumnya yang berjudul "Mulan Jameela" (2008) sebagai album solonya. Sesuai dengan judul album, Mulan tak lagi memakai nama Mulan Kwok sebagai nama panggungnya. Nama Mulan Jameela resmi ia pakai di atas panggung setelah bernaung di RCM.

Album yang menjagokan "Makhluk Tuhan Paling Seksi" (2008) tersebut laku berat di pasar musik Indonesia hingga sempat menyabet gelar Platinum Awards setelah rilis dua bulan. Single Mulan lainnya yang terdapat pada album ini adalah "Wonder Woman" (2008), "Jatuh Cinta Lagi" (2008) dan "Lagu Sedih" (2008).

Di atas panggung, Mulan terlihat sering berkolaborasi dengan beberapa artis lain jebolan RCM, seperti The Virgin. Bahkan Mulan memiliki satu single duet dengan Mita The Virgin, berjudul "Cinta Mati 2" (2009).

Wanita yang sempat dikabarkan sebagai istri simpanan Dhani tersebut telah mencoba kemampuannya berakting dengan merambah dunia perfilman. Mulan membintangi film "Maaf, Saya Menghamili Istri Anda" (2007), sinetron "Pasangan Heboh" (2007) dan FTV "Penyanyi yang Difitnah" (2007). Mulan juga menjadi model iklan di iklan produk makanan, minuman, serta mobil.

Mulan Jameela Lirik Lagu