Paul Walker Profile
Paul Walker Profile Photo

Paul Walker

Profesi
Aktor
Nama Asli
Paul William Walker IV
Tgl Lahir
Sep 12, 1973
Lahir di
Glendale, California, USA
Profesi
Aktor
Populer
berperan sebagai Brian O'Conner di "The Fast and the Furious" (2001)
Tempat Lahir
Glendale, California, USA
Tinggi Badan
190.5
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Pirang
Warna Mata
Biru
Ayah
Paul William Walker III
Pekerjaan Ayah
Kontraktor Pipa Saluran Pembuangan
Ibu
Cheryl Crabtree
Pekerjaan Ibu
Mantan Model
Pendidikan
  • Lulus dari Village Christian High School tahun 1991
  • Bersekolah di California Community College jurusan Biologi Kelautan
Saudara
Caleb, Cody, Ashlie, Amie
Kekasih
Anak-anak
Meadow Rain (perempuan, L. 04-Nov-99)
Populer Sejak
berperan sebagai Brian O'Conner di "The Fast and the Furious" (2001)

Paul William Walker IV atau lebih dikenal sebagai Paul Walker adalah seorang aktor asal Amerika. Paul lahir pada 12 September 1973 di California dari pasangan Cheryl, model busana, dan Paul William Walker II, kontraktor penjahit.

Karir Paul sebagai artis sudah dimulai sejak kecil. Ia pertama kali muncul di layar kaca saat masih balita untuk iklan Pampers dan menjadi model di usia 2 tahun. Ia lalu mendapat peran di acara-acara televisi seperti "Highway to Heaven", "Who's The Boss?" dan "Touched by an Angel" pada 1985. Paul juga membintangi iklan pizza di tahun yang sama.

Tahun berikutnya, Paul mendapat peran sebagai "Professor" Bennet di film pertamanya, "Monster in the Closet". Ia bersama adiknya, Ashlie, menjadi kontestan di game show "I'm Telling!" pada 1988 dan menempati peringkat ke-2. Paul kemudian membintangi beberapa film lainnya tapi tidak bisa melambungkan namanya.

Nama Paul mulai melambung saat membintangi film komedi "Meet the Deedles" (1998). Ia kemudian berturut-turut mendapat peran pendukung di film "Pleasantville" (1998), "Varsity Blues" (1999), "She's All That" (1999) dan "The Skulls" (2000).

Tahun 2001, popularitas Paul meningkat pesat setelah mendapat peran di "The Fast and the Furious" bersama Van Diesel. Kesuksesan film ini membawanya memperoleh peran utama di beberapa film seperti "Joy Ride" (2001), "Timeline" (2003) dan "Into the Blue" (2005).

Paul juga mendapat peran utama di film thriller "Running Scared" dan Walt Disney "Eight Below" yang sama-sama dirilis 2006. "Eight Below" mendapat banyak pujian dari kritikus dan debut di peringkat pertama box office. Sementara itu sutradara "Running Scared", Wayne Kramer, memuji Paul sebagai aktor yang mau mendukung visinya dalam membuat film.

"Ia adalah seseorang yang punya level tertentu," ujarnya di sela-sela syuting "Running Scared". "Aku suka bekerja dengannya karena dia sangat mendukung visiku tentang film. Malah lebih baik lagi, dia benar-benar memainkannya."

Cucu dari petinju profesional Irish Billy Walker ini juga bermain kembali di franchise film "The Fast and the Furious". Di antaranya ada "2 Fast 2 Furious" (2003), "Fast and Furious" (2009), "Fast Five" (2011), "Fast and Furious 6" (2013) serta "Fast and Furious 7".

Perannya sebagai Brian O'Conner ini membawa Paul menang dan masuk nominasi beberapa ajang penghargaan. Ia mendapatkan piala Best On-Screen Team bersama Vin Diesel di MTV Movie Award (2002) untuk film "The Fast and the Furious". Selain itu, ia juga membawa pulang piala Choice Movie Chemistry untuk Paul dan mobilnya di "2 Fast 2 Furious" (2003).

Semasa hidupnya, nama Paul tidak banyak dikaitkan dengan wanita. Ia pernah menjalin hubungan dengan Rebecca McBrain yang memberinya anak perempuan bernama Meadow Walker. Mereka putus tidak lama setelah Meadow lahir pada 1998. Meadow tinggal bersama ibunya di Hawaii selama 13 tahun sebelum pindah ke rumah Paul pada 2011. Putus dari Rebecca, Paul berpacaran dengan Jasmine Pilchard-Gosnell yang berusia 17 tahun lebih muda darinya. Hubungan mereka dikabarkan berlangsung sejak 2006 saat Jasmine masih berumur 16 tahun.

Selain akting, Paul juga tertarik dengan bidang biologi kelautan. Ia bergabung bersama jajaran direktur The Billfish Foundation pada 2006 dan pernah membintangi National Geographic Channel edisi Expedition Gread White (2010). Selama 11 hari di Semenanjung Meksiko, mereka menangkap 7 hiu putih besar.

Paul terkenal aktif di bidang sosial dan kemanusiaan. Ia mendirikan Reach Out Worldwide pada 2010 untuk membantu korban bencana alam.

Sabtu, 30 November 2013 sore waktu setempat, Paul menghadiri acara amal untuk membantu korban topan Haiyan Filipina. Ia kemudian meninggalkan lokasi acara dengan Porsche yang dikendarai mantan pembalap Roger Rodas. Tidak lama setelah meninggalkan acara, mobil tersebut kehilangan kendali dan menabrak pohon serta tiang lampu di Valencia, Santa Clarita, California. Mobil terbakar dan meledak sehingga Paul dan Roger tewas di tempat.

Video Paul Walker

Loading...