Pierce Brosnan Profile
Pierce Brosnan Profile Photo

Pierce Brosnan

Profesi
Aktor, Produser
Nama Asli
Pierce Brendan Brosnan
Tgl Lahir
May 16, 1953
Lahir di
Navan, Co. Meath, Irlandia
Profesi
Aktor, Produser
Populer
Berperan sebagai Remington Steele di serial TV "Remington Steele" (1982-1987)
Tempat Lahir
Navan, Co. Meath, Irlandia
Tinggi Badan
186
Kewarganegaraan
Irlandia
Warna Rambut
Coklat
Warna Mata
Biru
Ayah
Thomas Brosnan
Pekerjaan Ayah
Tukang kayu
Ibu
May Carmichael
Pekerjaan Ibu
Perawat
Pendidikan
  • Bersekolah di Elliott School di London, Inggris
  • Lulus dari MA program di Drama Center, London, Inggris
Suami/Istri
Cassandra Harris (aktris, 27-Des-80 - 28-Des-91), Keely Shaye Smith (jurnalis, sejak 4-Agust-01)
Anak-anak
Charlotte Emily (perempuan, adopsi, L. 1971, m. 28-Jun-13 kanker rahim), Christopher (laki-laki, adopsi, L. 1973), Sean (lahir 13-Sep-83), Dylan Thomas (lahir 13-Jan-97), Paris Beckett (lahir 27-Feb-01)
Populer Sejak
Berperan sebagai Remington Steele di serial TV "Remington Steele" (1982-1987)

Lahir 16 Mei 1953, Pierce Brendan Brosnan atau yang akrab disapa Pierce Brosnan merupakan putra tunggal pasangan Thomas Brosnan (tukang kayu) dan May di Navan, County Meath, Irlandia. Sejak bayi, ayah Pierce, Thomas telah pergi meninggalkan rumah. Tak lama setelah kepergian Thomas, May kemudian pindah ke London untuk bekerja sebagai perawat. Pierce kemudian dibesarkan oleh kakek dan neneknya, Philip dan Kathleen Smith. Sewaktu masih muda, Pierce kerap tinggal berpindah-pindah tempat. Ketika Philip dan Kathleen meninggal, Pierce dititipkan pada bibinya. Namun, dia kemudian pindah dan tinggal bersama seorang paman yang akhirnya menitipkan Pierce pada seorang wanita bernama Eileen. Meski tinggal di kawasan miskin, Pierce justru menganggap tempat tinggalnya sebagai lingkungan yang ramah.

Keberuntungan akhirnya berpihak pada Pierce muda. Tahun 1964, Pierce meninggalkan Irlandia untuk kembali tinggal bersama May dan suami barunya, veteran Perang Dunia II, William Carmichael. Rindu akan kasih sayang seorang ayah, Pierce pun menjadi akrab dengan William. Mereka kerap menghabiskan waktu bersama dengan menonton film di bioskop. Berlawanan dengan kehidupan keluarga yang kini lengkap, kepindahan Pierce ke Inggris rupanya justru menimbulkan masalah baru. Selama masa sekolahnya di Elliott School, Pierce sering diperlakukan kasar karena dia berasal Irlandia. Bahkan Pierce juga memiliki nama panggilan Irish yang artinya orang Irlandia.

Saat berusia 16 tahun, Pierce memutuskan untuk menjadi pelukis dan mulai mengikuti pelatihan di Central Saint Martins College of Art and Design. Suatu hari, Pierce yang sedang menjalani pelatihan menyaksikan seorang pelahap api sedang mengajari seorang wanita tentang cara mengendalikan api. Pierce yang tertarik memutuskan untuk mengikuti pelajaran tersebut. Bahkan dia akhirnya juga belajar mempraktekkan cara melahap api. Seorang agen sirkus yang melihat aksi Pierce memberinya pekerjaan di sirkus selama tiga tahun. Rupanya tampil di sirkus membuat Pierce berminat mempelajari akting. Dia mengikuti pelatihan sebagai aktor di Drama Centre di London. Tak butuh waktu lama bagi Pierce untuk menyadari kalau dia memiliki bakat sebagai aktor. Bahkan Pierce menganggap akting adalah jalan keluar untuk mengembangkan dirinya menjadi orang sukses.

Lulus dari Drama Centre, Pierce mengawali karir sebagai asisten manajer panggung di York Theater Royal dan berhasil memulai debutnya sebagai aktor teater lewat drama "Wait Until Dark". Setelah sempat tampil di layar kaca dan memulai debutnya di layar lebar lewat film "The Long Good Friday" (1980), dua tahun kemudian Pierce berhasil mendapatkan peran untuk bermain di serial TV Amerika Serikat, "Remington Steele" (1982 - 1987). Berkat film tersebut nama Pierce sebagai aktor langsung melejit. Karakternya sebagai detektif Remington Steele membuat Pierce mendapat predikat sebagai James Bond muda. Setelah serial detektif yang diputar di NBC itu berakhir, Pierce mulai mendapat kesempatan untuk berakting di film-film terkenal seperti "The Fourth Protocol" (1987), "The Deceivers" (1988), "Mrs. Doubtfire" (1993) dan "Love Affair" (1994).

Karir Pierce sebagai aktor semakin menanjak ketika dia sukses membawakan karakter agen rahasia James Bond di beberapa film yakni "GoldenEye" (1995), "Tomorrow Never Dies" (1997), "The World Is Not Enough" (1999) dan "Die Another Day". Berkat kepiawaiannya berakting sebagai James Bond, Pierce berhasil meraih penghargaan di ajang Empire Awards untuk kategori Best Actor. Selain ahli dalam bermain film laga, Pierce ternyata mahir memainkan peran kocak seperti yang tampak di film musikal "Mamma Mia! dan film komedi satir yang membuat Pierce dinominasikan kategori Best Actor – Motion Picture Musical or Comedy diajang Golden Globe Award, "The Matador". Adapun sosok Pierce juga dapat disaksikan di beberapa film barunya seperti "The Ghost Writer", "Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief" dan "%Remember Me%".

Sempat tumbuh terpisah dari keluarganya, membuat Pierce menjadi sosok pria yang setia dan mencintai keluarganya. Pierce menikah dengan aktris Cassandra Harris pada 27 Desember 1980. Sayangnya pernikahan yang telah berjalan 11 tahun itu akhirnya berakhir karena Cassandra meninggal akibat mengidap penyakit kanker. Dari pernikahan tersebut, Pierce dikaruniai anak yakni Sean (13 September 1983). Selain itu, Pierce juga memiliki anak tiri yakni Charlotte (27 November 1971) dan Christopher (6 Oktober 1972). Membuktikan dirinya adalah ayah yang baik, Pierce mengadopsi Charlotte dan Christopher setelah ayah mereka, Dermot Harris meninggal. Kini Charlotte dan Christopher juga menyandang nama Brosnan sebagai nama belakang. Tahun 2001, Pierce menikah dengan jurnalis Keely Shaye Smith di Irlandia. Dari pernikahan tersebut lahirlah dua putra, Dylan Thomas Brosnan (13 Januari 1997) dan Paris Beckett Brosnan (27 Februari 2001).