Biografi Ralph Fiennes

Ralph Nathaniel Twisleton Wykeham Fiennes atau yang akrab disapa Ralph Fiennes lahir di Ipswich, Suffolk, England, 22 Desember 1962. Dia adalah putra pasangan petani sekaligus fotografer Mark Fiennes (1933 - 2004) dan penulis Jennifer Lash (1938 - 1993). Aktor yang masih memiliki darah keturunan bangsawan Inggris dari keluarga ayahnya ini merupakan anak tertua sekaligus kakak dari Joseph Fiennes (aktor serial TV "Flash Forward"), Martha Fiennes (sutradara film), Magnus Fiennes (komposer), Sophie Fiennes (sineas) dan Jacob Fiennes (ahli konservasi dan saudara kembar Joseph).

Sebelum menjadi seorang aktor, Ralph mengambil pelajaran akting di Royal Academy of Dramatic Art. Dia sempat menjalani profesi di bidang teater dan menjadi bintang di grup teater Royal Shakespeare Company. Tahun 1992, Ralph memulai debutnya sebagai aktor layar lebar lewat kemampuannya beradu akting dengan Juliette Binoche di film drama "Emily Bronte's Wuthering Heights" (1992). Namanya mulai dikenal setelah dia menghidupkan karakter komandan tentara NAZI Amon Goeth di film yang diadaptasi dari kisah nyata "Schindler List" (1993).

Tak butuh waktu lama bagi Ralph untuk meraih sukses, empat tahun setelah memulai debutnya, Ralph berhasil meraih nominasi Oscar kategori Best Actor lewat perannya sebagai Count Laszlo de Almassy di film "The English Patient" (1996). Kepiawaian akting Ralph semakin melejit saat dia terpilih menghidupkan karakter Lord Voldemort di seri film adaptasi novel karangan J.K. Rowling. Kemunculan Ralph sebagai sosok penyihir jahat di seri film "Harry Potter" itu dapat disaksikan di beberapa film yakni "Harry Potter and the Goblet of Fire", "Harry Potter and the Order of the Phoenix", "Harry Potter and the Half-Blood Prince", "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part I" dan "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II". Selain seri "Harry Potter", film terkenal yang dibintangi Ralph diantaranya "The Constant Gardener, "The Reader, "Clash of the Titans" dan "Nanny McPhee and the Big Bang".

Di kehidupan pribadi, Ralph pernah menikah dengan aktris asal Inggris Alex Kingston setelah berkencan selama 10 tahun lebih. Sayangnya, pernikahan yang digelar 1993 silam itu tak berlangsung lama. Ralph dan Alex akhirnya resmi bercerai tahun 1997. Sebelum benar-benar resmi bercerai, Ralph telah menjalin kasih dengan lawan mainnya di drama teater Hamlet, Francesca Annis. Namun setelah 11 tahun bersama, pasangan yang selalu terlihat mesra itu akhirnya memutuskan berpisah bulan Februari 2006. Menurut kabar, kandasnya hubungan asmara itu dikarenakan Ralph menjalin hubungan gelap dengan penyanyi asal Rumania bernama Cornelia Crisan.

Meski cenderung berpenampilan tenang, Ralph ternyata juga seorang pria mata keranjang. Ia pernah terlibat dalam skandal seks dengan seorang pramugari bernama Lisa Robertson. Pada Februari 2007 silam, seorang awak pesawat Qantas dengan rute penerbangan Sidney, Australia, menuju Mumbai, India, mendapat Ralph keluar dari kamar mandi yang sama dengan Lisa. Saat dikonfirmasi, Lisa awalnya membantah tuduhan tersebut. Tak lama setelat itu, pramugari berusia 38 tahun tersebut mengaku telah berhubungan intim dengan Ralph di kamar mandi pesawat. Akibat skandal tersebut, Ralph dicopot jabatannya sebagai duta Unicef untuk AIDS sementara Lisa dipecat dari pekerjaannya.

Loading...