Salma Hayek Profile
Salma Hayek Profile Photo

Salma Hayek

Profesi
Aktris
Nama Asli
Salma Valgarma Hayek-Jimenez
Tgl Lahir
Sep 2, 1966
Lahir di
Coatzacoalcos, Meksiko
Profesi
Aktris
Populer
Berperan sebagai Carolina di "Desperado" (1995)
Tempat Lahir
Coatzacoalcos, Meksiko
Tinggi Badan
157.5
Kewarganegaraan
Meksiko
Ayah
Sami Hayek
Pekerjaan Ayah
Eksekutif Perusahaan Minyak
Ibu
Diana Jimenez
Pekerjaan Ibu
Penyanyi Opera, Pencari Bakat
Pendidikan
  • Menempuh pendidikan di Academy of the Sacred Heart di Grand Coteau, Louisiana
  • Menempuh pendidikan di Universidad Iberoamericana di Mexico City, jurusan International Relations
Saudara
Sami Hayek (desainer)
Suami/Istri
Francois-Henri Pinault (pengusaha, sejak 14-Feb-09)
Kekasih
Edward Norton (aktor, 1999 - 2003), Josh Lucas (aktor, 2003)
Anak-anak
Valentina Paloma Pinault (lahir 21-Sep-07)
Populer Sejak
Berperan sebagai Carolina di "Desperado" (1995)

Salma Valgarma Hayek Jiménez-Pinault yang akrab disapa Salma Hayek ini merupakan putri pasangan Sami Hayek Dominguez dan Diana Jimenez Medina yang lahir di Coatzacoalcos, Veracruz, Mexico, 2 September 1966. Ayah Salma adalah mantan walikota Coatzacoalcos dan saat ini bekerja sebagai eksekutif di perusahaan minyak. Sementara ibunya adalah penyanyi opera sekaligus agen pencari bakat. Dia mempunyai saudara bernama Sami Hayek yang kini bekerja sebagai desainer.

Saat berusia 12 tahun, Salma didiagnosa mengidap penyakit dislexia yakni ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Meski demikian, Salma tetap menempuh pendidikan hingga sampai ke bangku kuliah. Dia mengambil jurusan Internation Relation di Universidad Iberoamericana, Meksiko.

Beranjak dewasa, Salma mulai mencoba mendalami dunia akting. Debut pertamanya adalah telenovela Meksiko berjudul "Teresa" (1989). Beberapa tahun kemudian, Salma hijrah ke Los Angeles untuk mendalami ilmu akting. Namun, penyakit disleksia yang dimilikinya membuat Salma kesulitan mempelajari bahasa Inggris. Untungnya, produser kenalan Salma, Robert Rodriguez, dan istrinya, Elizabeth Avellan, tetap memberinya kesempatan untuk tampil beradu akting dengan Antonio Banderas di film "Desperado" (1995). Berkat film tersebut, nama Salma mulai dikenal di kalangan sineas Hollywood.

Kepiawaian aktingnya mulai melejit saat Salma meraih nominasi penghargaan Oscar kategori Best Actress untuk perannya sebagai Frida Kahlo di film "Frida". Adapun beberapa film terkenal yang dibintangi Salma diantaranya "Desperado 2: Once Upon a Time in Mexico", "After the Sunset", "After the Sunset" dan "Grown Ups".

Berkaitan dengan kisah asmara, ibu beranak satu ini pernah menjalin kasih dengan Edward Norton (1999 - 2003) dan Josh Lucas (Agustus 2003 - Jul 2004). Namun, menjalin kasih dengan sesama selebriti ternyata tak cocok untuk Salma. Setelah hubungannya dengan Josh kandas, Salma bertunangan dengan Francois-Henri Pinault. Pada 9 Maret 2007, Salma menyampaikan kabar gembira bahwa dia telah hamil anak pertama dari hubungannya dengan Francois itu. Sembilan bulan kemudian, ia melahirkan anak pertamanya yang diberi nama Valentina Paloma Pinault (21 September 2007) di rumah sakit Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, California.

Belum genap setahun usia putrinya, Salma dan Francois memutuskan pertunangan mereka pada 18 Juli 2008. Mereka kemudian memutuskan untuk rujuk dan menikah di hari Valentine, 14 Februari 2009 di Paris. Dua bulan setelahnya, mereka kembali menggelar upacara pernikahan di Venice, Italia, pada 25 April 2009.

Di kehidupan pribadi, Salma memiliki kegemaran mengkonsumsi berbagai jenis serangga seperti semut dan belalang. Salma mengungkapkan kalau dirinya kerap tak bisa menahan air liurnya saat hendak mencicipi belalang. Menurut Salma, belalang memiliki rasa yang sangat enak. Salma bahkan punya resep khusus untuk mengolah semut dan cacing sehingga mereka terasa gurih dan renyah.

"Rasa semut-semut kecil yang digoreng terasa sangat enak, apalagi jika ditambah dengan guacamole (sejenis saus dari Meksiko berbahan dasar alpukat yang dihaluskan dan diberi bumbu)," ungkap aktris berusia 43 tahun tersebut. "Dan ulat, saya memiliki banyak resep berbeda untuk hewan tersebut. Untuk belalang, saya memasak mereka menjadi belalang asap dan cara tersebut membuat rasa belalang menjadi semakin enak."

Meski berbakat dalam akting, Salma ternyata juga memiliki kelemahan. Dia ternyata phobia pada benda berteknologi modern seperti komputer. Gara-gara ketakutannya terhadap komputer, Salma mengaku kalau dirinya tak bisa mengoperasikan benda tersebut. Demi menyembuhkan penyakitnya, Salma mendapat bantuan dari suaminya, Francois-Henri Pinault, yang mengajari Salma mengoperasikan komputer.

"Saya baru mempelajari bagaimana menggunakan komputer minggu lalu," ungkap Salma. "Suami saya memohon pada saya untuk belajar komputer, hal itu membuat hidup lebih mudah. Saya telah menolak usul itu tetapi dia memperdayai saya."Dijelaskan oleh Salma, Francois berhasil membujuk Salma dengan memperlihatkan game favoritnya versi digital yakni Sudoku. "Saya suka Sudoku. Dia bilang, 'Lihat di iPad ini, kamu bisa memainkan Sudoku disini.' Jadi saya mulai bermain Sudoku dan mempelajari hal lain. Saya bisa mengoperasikannya sekarang. Saat ini iPad adalah benda favorit saya," ungkap Salma.