Wali Profile
Wali Profile Photo

Wali

Profesi
Grup Band
Tgl Lahir
Oct 31, 1999
Lahir di
Blora, Jawa Tengah, Indonesia
Profesi
Grup Band
Populer
Merilis lagu "Dik" (2008)
Tempat Lahir
Blora, Jawa Tengah, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Populer Sejak
Merilis lagu "Dik" (2008)

Band Tanah Air Wali populer berkat lagunya yang berjudul "Cari Jodoh". 31 Oktober 1999, Wali dibentuk olah sekelompok anak muda lulusan pesantren yang melanjutkan kuliah di UIN Syarif Hidayatullah. Mereka adalah Faank (vokal), Apoy (Gitar I), Tomi (drum), Endang (bass) dan Raden (gitar II).

Band yang mulanya diberi nama Fiera ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa masuk dapur rekaman. Berkali-kali mereka ditolak dengan alasan tampang kurang menjual dan lagu yang kampungan. Tak hanya itu saja, kesibukan beberapa member ternyata turut membuat Endang dan Raden keluar dari band tersebut, 2007. Akhirnya posisi mereka digantikan oleh Ovie (keyboard) dan Nunu (bass).

Perjuangan Fiera akhirnya membuahkan hasil di tahun 2008 dengan bergabung bersama Nagaswara. Bersamaan dengan itu juga, Fiera mengganti nama bandnya dengan Wali. Menurut mereka alasan penggantian nama ini karena mudah diingat dan diucapkan. Mereka juga berharap bahwa lagu-lagunya bisa mewakili apa yang kini terjadi di masyarakat.

Wali merilis album debut mereka lewat "Orang Bilang" (2008). Tak tanggung-tanggung mereka menggandeng aktris Shireen Sungkar untuk menjadi model video klip single andalan mereka yang berjudul "Dik". Single ini pun ternyata laku besar di pasaran.

Karir Wali semakin melejit tatkala merilis album keduanya yang berjudul "Cari Jodoh" (2009). Lirik single andalan "Cari Jodoh" yang begitu lucu dan menggambarkan fenomena di Indonesia sukses mengantarkan Wali menjadi salah satu band top papan atas tanah air. Tak hanya itu saja, album mereka juga berhasil meraih rekor MURI sebagai Rekor Download RBT Terbanyak di Indonesia.

Bahkan salah seorang penyanyi di Inggris bernama Fabrizio Faniello ikut tertarik dengan lagu "Cari Jodoh". Ia pun kemudian meminta ijin kepada Wali untuk menyanyikan ulang dalam versi bahasa Inggris dengan judul "I No Can Do". Lagu ini kabarnya menuai banyak prestasi di mancanegara dengan berhasil terjual lebih dari 1 juta kopi.

Tak hanya merilis album pop saja namun Wali juga mengeluarkan album religi berjudul "Ingat Sholawat" (2010). Single "Tomat" (Tobat Maksiat) menjadi hits di masyarakat karena mengungkap fenomena yang terjadi di jaman itu tentang maraknya perbuatan yang dilarang agama.

Wali juga dikenal sebagai salah satu band yang cukup produktif dengan merilis setiap album per tahunnya. Mereka kemudian menghadirkan album ketiga dan keempatnya yang berjudul "Aku Bukan Bang Toyib" (2011) dan "3 in 1" (2012). Lagi-lagi album mereka kembali mendapat sambutan yang hangat di kalangan masyarakat.

Tak hanya berkarir di bidang musik saja, Wali ternyata juga turut melebarkan sayapnya ke dunia akting. Mereka merilis sebuah film yang berjudul "Baik Baik Sayang" (2011). Film yang juga dibintangi oleh Intan Nuraini dan Arumi Bachsin ini bercerita tentang kisah suka duka Wali dari awal terbentuk hingga mencapai kesuksesan.

Band yang juga ditunjuk sebagai Duta Penyu Hijau ini merilis single religi berjudul "Si Udin Bertanya" saat menjelang bulan puasa tahun 2013. Dalam video klipnya, para personil Wali mengajak istri dan anak mereka untuk turut meramaikan. Lagu ini bercerita tentang anak-anak kecil yang selalu bertanya karena haus akan ilmu.

Wali Lirik Lagu

Loading...