Biografi Zumi Zola

Aktor tampan yang kini menggeluti dunia politik, Zumi Zola, lahir di Jakarta, 31 Maret 1980. Ia merupakan anak dari mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin. Sejak mencalonkan diri sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Zumi seakan meninggalkan dunia keartisannya. Pada Pilkada Kabupaten Tanjung Jabung Timur 2011, Zumi resmi terpilih sebagai bupati periode 2011-2016.

Cowok yang mengaku bercita-cita sebagai aktor sejak kecil ini baru terjun ke dunia seni peran ketika ia duduk di bangku kuliah. Sinetron pertama yang dibintanginya adalah "Culunnya Pacarku" (2004). Namun namanya baru populer ketika ia membintangi sinetron "Hantu Jatuh Cinta" (2006) bersama Ersa Mayori. Selain itu, Zumi juga menjadi aktor utama di sinetron "Ku T'lah Jatuh Cinta" (2006). Zumi pun pernah muncul sebagai model video klip di single "Matahariku" (2008) milik Agnes Monica. Namun tak lama setelahnya, pria beragama Islam ini seakan hilang dari media pemberitaan karena memilih melanjutkan studi di London, Inggris.

Tak lama setelah kepulangannya dari Inggris, Zumi kembali muncul di film "Kawin Laris" (2009). Hebatnya, di film bergenre komedi ini Zumi tak hanya menjadi pemeran. Dalam proses penggarapannya, pemeran tokoh Radit di sinetron "Ku T'lah Jatuh Cinta" ini terlibat di balik layar sebagai produser. Tak lama setelah "Kawin Laris" dirilis, Zumi kembali beraksi di layar lebar. Dia menjadi salah satu dari kelima pemeran utama di film bergenre fiksi historis Indonesia, "Merah Putih" (2009). Mantan pacar presenter kocak, Ayu Dewi, ini pernah banting setir ke dunia bisnis dengan mendirikan restoran Jepang, sebelum akhirnya serius terjun ke dunia politik.