Mau Jadi Miliarder Seperti Ghozali Everyday? Simak Cara Mudah Promosi NFT di Instagram
Instagram/ghozaliphoto
Tekno

Bagi kalian yang ingin mengalami kesuksesan seperti Ghozali Everyday, sebaiknya simak beberapa tips promosi NFT di Instagram dalam artikel WowKeren berikut ini.

WowKeren - Masuknya fitur non-fungible token (NFT) di Instagram di wilayah Indonesia disambut bahagia oleh para kreator. Pasalnya, fitur ini dapat membuka peluang yang lebih besar bagi mereka untuk berkreasi dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sebagaimana diketahui, NFT adalah salah satu aset digital yang dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan barang. NFT dapat dibeli dengan mata uang kripto dan meliputi berbagai bidang seperti karya seni, musik, game dan masih banyak lagi.


Di Indonesia sendiri, NFT mulai mencuri perhatian luas usai muncul fenomena Ghozali Everyday pada awal tahun ini. Seorang pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali berhasil meraup untung hingga miliaran rupiah usai berjualan foto selfie di salah satu marketplace NFT terbesar, OpenSea.

Kini proses berjualan NFT akan menjadi lebih mudah karena telah difasilitasi Instagram. Pasalnya, fitur ini memungkinkan para kreator untuk membagikan koleksi digitalnya kapanpun dan di manapun mereka berada. Kesempatan untuk sukses seperti Ghozali pun semakin terbuka lebar.

Jika dalam artikel sebelumnya WowKeren telah menunjukkan cara penggunaan fitur NFT di Instagram, kali ini tim redaksi akan memberikan beberapa tips untuk mempromosikannya. Simak informasi lengkapnya berikut ini:

(wk/eval)

1. Buat Akun Instagram Khusus


Buat Akun Instagram Khusus
Pexels/energepic.com

Mempromosikan NFT di akun Instagram pribadi tidak akan cukup. Karena itulah sebaiknya buat akun Instagram khusus untuk memamerkan koleksi NFT milikmu kepada banyak orang. Buat nama pengguna yang menarik dan tambahkan tautan untuk membeli koleksi NFT di deskripsi akun Instagram tersebut.

Selain itu, kalian juga bisa menambahkan berbagai tautan profil akun media sosial yang lain di bio Instagram seperti saluran telegram, halaman Reddit, Twitter hingga Facebook. Dengan begitu, profil Instagram akan menjadi "gerbang" terbaik untuk memamasarkan koleksi digital.

2. Dapatkan Banyak Followers


Dapatkan Banyak Followers
Pixabay/USA-Reiseblogger

Setelah membuat akun Instagram khusus, perluas koneksimu dengan mengumpulkan banyak followers. Perlu diketahui bahwa memiliki banyak followers akan membawa lebih banyak eksposur saat berjualan NFT di Instagram. Hal ini juga akan mempengaruhi kredibilitasmu sebagai penjual konten NFT.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan banyak followers. Pertama, jangan mem-private akun, lalu follow akun Instagram selebriti dan terapkan sistem "follow lalu unfollow". Kalian juga harus menggunakan hashtag dan menulis caption yang menarik. Yang terpenting, buat unggahan berkualitas untuk menarik minat banyak orang.

3. Tulis Caption dan Hashtag Menarik


Tulis Caption dan Hashtag Menarik
Pexels/DS stories

Tak hanya menarik banyak followers, menulis caption dan menggunakan hashtag yang menarik juga menjadi cara ampuh untuk mempromosikan NFT di Instagram. Penggunaan hashtag memungkinkanmu untuk dijangkau lebih banyak orang, sehingga tingkat audiensmu akan jauh lebih besar.

Sementara itu, penulisan caption yang menarik akan meningkatkan kredibilitasmu sebagai penjual NFT di Instagram. Caption diperlukan untuk membangun suasana konten digital yang kalian bagikan di Instagram. Semakin menarik caption yang kalian tulis, semakin besar pula peluang untuk berjualan NFT di Instagram.

4. Buat Reels


Buat Reels
Pixabay/juneaye

Fitur Reels di Instagram memiliki banyak manfaat untuk memasarkan berbagai produk, termasuk konten digital. Melalui Reels, kalian bisa mengedit video sesuka kalian dengan menambahkan gambar atau video, menyisipkan suara, efek hingga berbagai filter menarik. Video Reels-mu pun bisa ditemukan di menu "Explore" jika akun Instagrammu tidak di-private.

Hal ini memungkinkanmu untuk menjangkau lebih banyak audiens, baik di tingkat nasional maupun internasional. Peluang berjualan NFT di Instagram menjadi lebih tinggi, dan audiens bisa melihat proses pembuatan hingga hasil dari konten digital milikmu.

5. Buat Jadwal dan Rencana Posting yang Efektif


Buat Jadwal dan Rencana Posting yang Efektif
Pexels/cottonbro

Tips berikutnya untuk mempromosikan NFT di Instagram adalah dengan membuat kalender konten media sosial. Sederhananya, kalian harus menyusun jadwal dan rencana posting konten digital yang efektif.

Cara ini cukup tricky karena membutuhkan kreativitas, kerja keras dan proses berpikir kreatif. Selain itu, kalian juga harus tahu jadwal posting yang tepat yang bisa berbeda setiap harinya. Bila sedang berlibur, sebaiknya buat jadwal pengeposan otomatis agar akun kalian tidak ikut istirahat dan tetap diminati para pembeli.

6. Bermitra dengan Influencer


Bermitra dengan Influencer
Pexels/George Milton

Jika kalian memiliki dana lebih, tak ada salahnya untuk bermitra dengan influencer saat berjualan NFT di Instagram. Influencer memiliki peran penting dalam proses pemasaran di media sosial, sebab mereka punya tingkat audiens yang lebih luas.

Ada dua jenis influencer yang bisa kalian ajak bekerjasama. Pertama, mereka yang memiliki nama besar yang bisa mengarahkan orang lain untuk membeli koleksi digital milikmu. Yang kedua adalah influencer yang bisa meningkatkan visibilitas koleksi NFT-mu.

7. Gunakan Platform Periklanan


Gunakan Platform Periklanan
Pexels/Mikael Blomkvist

Cara terakhir yang tidak kalah penting adalah menggunakan platform periklanan. Meskipun menghabiskan banyak uang, halaman yang ditargetkan di Instagram pasti akan menjangkau audiens yang tepat sehingga mampu menyebarkan berita untuk halaman seni digital milikmu.

Menggunakan campuran strategi seperti di atas mungkin bukan hal yang mudah, namun itu jelas akan membuahkan hasil. Jangan berputus asa bila tak mendapat banyak uang pada awalnya, sebab kesuksesan juga membutuhkan waktu dan yang perlu kalian lakukan adalah bersabar dan terus berusaha.

Nah itu dia tujuh cara mempromosikan NFT di Instagram yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait