8 Tips Hemat Pengeluaran Natal Biar Enggak Bikin Kantong Jebol
Pexels/Brett Jordan
SerbaSerbi

Dalam artikel kali ini, tim redaksi WowKeren akan menghadirkan beberapa tips menghemat pengeluaran saat merayakan Natal. Yuk simak detail lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Natal menjadi salah satu momen yang paling dinanti oleh umat Kristen. Karena itulah mereka akan merayakannya dengan penuh sukacita dan saling bertukar kado dengan orang-orang terdekat.

Antusiasme menyambut Natal terkadang membuat perilaku belanja kita jadi impulsif. Alhasil, kita tanpa sadar mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.


Belanja untuk perayaan Natal memang menyenangkan, dan hadiah adalah cara kita untuk menunjukkan kepedulian pada orang lain. Namun, mengeluarkan uang secara berlebihan hanya akan memperburuk kondisi finansial kita. Bahkan kita bisa terlilit utang saat tahun baru nanti.

Merayakan Natal dengan penuh kemewahan bukan suatu kewajiban. Sebab Natal adalah waktu untuk merenungkan kelahiran Yesus, menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tercinta dan menghargai setiap hal penting dalam hidup.

Berkaitan dengan hal ini, tim redaksi WowKeren akan menghadirkan beberapa tips menghemat pengeluaran saat Natal. Penasaran apa saja itu? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Buat Daftar Belanja dengan Cermat


Buat Daftar Belanja dengan Cermat
Pexels/Karolina Grabowska

Anda harus membuat daftar belanja dengan cermat sebelum membeli kebutuhan untuk perayaan Natal. Prioritaskan membeli barang-barang yang memang Anda perlukan seperti jamuan untuk makan bersama keluarga, hadiah dan pohon Natal untuk menghiasi rumah.

Rencanakan semuanya dengan matang agar Anda bisa membuat anggaran yang tepat. Setelah itu, berbelanjalah sesuai anggaran untuk menghindari pengeluaran membengkak.

2. Jangan Menunda Belanja


Jangan Menunda Belanja
Pexels/Jill Wellington

Tingginya permintaan membuat harga barang semakin meningkat jelang perayaan Natal. Karena itulah jangan menunda belanja jika tak ingin membeli barang dengan harga yang mahal.

Selain lebih hemat, belanja lebih awal juga akan mengurangi stres saat menyiapkan perayaan Natal. Sebab Anda bisa mendekorasi rumah atau membungkus kado dari jauh-jauh hari.

3. Berburu Diskon


Berburu Diskon
Pexels/Sora Shimazaki

Toko atau mall biasanya memberi diskon besar-besaran jelang perayaan Natal. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk belanja kebutuhan Natal dengan harga miring agar pengeluaran jauh lebih hemat.

Namun, jangan biarkan harga murah dan diskonan membuat Anda kalap. Tetap patuhi budget dan daftar belanja yang Anda tetapkan di awal agar tidak menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak perlu.

4. Utamakan Beli Kado untuk Orang Lain


Utamakan Beli Kado untuk Orang Lain
Pexels/Karolina Grabowska

Bertukar kado menjadi salah satu tradisi yang tak boleh dilewatkan saat Natal. Oleh sebab itu, utamakan membeli kado untuk orang lain sebelum belanja kebutuhan sendiri.

Namun tetap pastikan dana Anda cukup untuk membeli kado. Jika tak memiliki banyak anggaran, maka belilah barang dengan harga terjangkau yang layak dijadikan hadiah. Selain itu, seleksi orang yang akan Anda beri kado. Cukup hadiahi orang-orang terdekat untuk meminimalisir pengeluaran.

5. Belanja Online Lebih Hemat


Belanja Online Lebih Hemat
Pexels/Tima Miroshnichenko

Cara menghemat pengeluaran saat Natal berikutnya adalah dengan berbelanja secara online. Pilihan ini juga sangat tepat bagi Anda yang disibukkan dengan urusan pekerjaan jelang akhir tahun, sebab belanja online dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, harga jual barang di situs belanja online biasanya lebih terjangkau daripada toko konvensional. Berbagai macam diskon dan promo juga menanti, sehingga belanja online saat Natal dianggap sebagai pilihan yang hemat dan praktis.

6. Bertindak Kreatif


Bertindak Kreatif
Pexels/RODNAE Productions

Tips berikutnya untuk menghemat pengeluaran Natal adalah menjadi lebih kreatif. Salah satu caranya adalah membuat sendiri hadiah yang akan Anda berikan pada orang lain.

Hadiah buatan sendiri terkadang lebih berkesan daripada membeli sesuatu dari toko. Pasalnya, setiap hadiah memiliki sentuhan yang lebih pribadi karena Anda menyesuaikannya dengan kepribadian penerima. Untuk membungkus hadiah tersebut, Anda bisa menggunakan reusable bags atau kertas koran lalu diberi hiasan yang cantik.

7. Adakan Pesta Virtual


Adakan Pesta Virtual
Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Mengadakan pesta Natal secara virtual juga bisa Anda jadikan opsi untuk berhemat karena tak perlu menyiapkan banyak jamuan atau hadiah. Selain itu, cara ini juga bagus untuk koneksi jarak jauh, lebih fleksibel dan menekan risiko penyebaran virus Corona.

Meski dilakukan secara online, perayaan Natal akan tetap menghibur asal Anda memilih aktivitas seru untuk dilakukan. Seperti bernyanyi bersama, melakukan kuis Natal, bermain Sinterklas Rahasia dan masih banyak lagi.

8. Fokus pada Perayaannya, Bukan Hadiahnya


Fokus pada Perayaannya, Bukan Hadiahnya
Pexels/Nicole Michalou

Jika Anda ingin benar-benar menekan pengeluaran saat Natal, cobalah berbicara dengan keluarga dan teman terkait hal ini. Alih-alih bertukar hadiah, usulkan untuk fokus pada perayaan dan menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat Natal. Di antaranya adalah mendekorasi rumah dan pohon Natal bersama, makan malam, menonton film, karaoke sederhana hingga melakukan permainan papan yang menarik.

Nah itu dia delapan tips menghemat pengeluaran saat Natal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Semoga artikel di atas bermanfaat ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait