Mengenal Mind Mapping, Teknik untuk Mempermudah Pekerjaan dan Studi
Pixabay/mohamed_hassan
SerbaSerbi

Dalam artikel kali ini, tim redaksi WowKeren akan memberikan ulasan mendalam tentang teknik mind mapping yang bisa mempermudah seseorang dalam melakukan pekerjaan.

WowKeren - Belakangan ini istilah mind mapping cukup populer di lingkungan kerja maupun pendidikan. Pasalnya, mind mapping adalah salah satu teknik yang bisa mempermudah seseorang dalam melakukan suatu tugas.

Mind mapping dapat membantu proses berpikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis seperti simbol, kata, warna hingga gambar. Bahkan metode ini disebut-sebut mampu meningkatkan daya ingat seseorang hingga 78 persen.


Menariknya, metode ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari brainstorming, meeting, project management, presentasi hingga yang terpenting adalah pengambilan keputusan.

Sehubungan dengan hal ini, tim redaksi WowKeren akan menghadirkan ulasan mendalam tentang apa itu mind mapping serta mengapa metode ini dianggap lebih efektif dibanding list materi. Langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

(wk/eval)

1. Apa Itu Mind Mapping?


Apa Itu Mind Mapping?
Pexels/Mikhail Nilov

Sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut, tim redaksi akan memaparkan pengertian mind mapping terlebih dahulu. Mind mapping adalah sebuah metode untuk memetakan informasi dalam bentuk grafis menggunakan garis pencabangan, gambar maupun kata kunci. Syaratnya, semua itu harus saling berkaitan dengan konsep utamanya.

Hal itu memungkinkan seseorang untuk merencanakan, menyusun, mengingat, menjelaskan pikiran, mempelajari sesuatu hingga menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih efisien. Itulah mengapa mind mapping dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan.

Adapun tujuan utama dari mind mapping adalah untuk membuat seseorang memahami materi secara menyeluruh atau melihat gambaran besar suatu ide. Sehingga tak heran jika mind mapping kerap digunakan saat meeting di dunia kerja.

2. Manfaat Mind Mapping


Manfaat Mind Mapping
Pexels/Monstera

Metode mind mapping adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin menyelesaikan berbagai masalah kompleks dengan mudah. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat mind mapping berikut ini:

a. Melatih Diri dalam Memahami Informasi Penting

Mind mapping dapat mengoptimalkan kinerja otak kanan dan kiri karena karena kita mengelompokkan informasi berdasarkan gambar, warna serta kata-kata sederhana. Fokus dan konsentrasi kita saat melakukan suatu pekerjaan juga akan meningkat.

Dengan begitu, kita mampu memetakan rencana dan kerangka kerja dengan lebih cepat dan efektif. Pada akhirnya, metode ini dapat melatih kita untuk memahami berbagai informasi penting dengan lebih mudah.

b. Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Mind mapping juga dapat membantu meningkatkan kreativitas seseorang. Hal ini dikarenakan mereka terbiasa menggunakan warna, bentuk hingga gambar saat merangkum beragam informasi penting.

Anda akan tergerak untuk menentukan skala prioritas usai memvisualisasikan berbagai tugas dengan metode mind mapping. Pada akhirnya Anda menjadi lebih produktif karena sudah mengetahui tugas mana yang harus segera dikerjakan.

c. Menghemat Waktu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proses memahami suatu materi dengan metode mind mapping bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat efisien dan bisa menghemat banyak waktu.

Anda pun dapat menggunakan sisa waktu yang ada untuk mempelajari materi lain yang tak kalah penting. Dengan begitu, Anda bisa mengikuti meeting dan melakukan presentasi secara maksimal.

d. Meningkatkan Ketelitian

Manfaat berikutnya dari mind mapping adalah dapat meningkatkan ketelitian seseorang saat menyusun informasi. Pasalnya, mereka harus mengelompokkan beragam informasi berbeda sesuai dengan kategori atau tema yang dibahas.

Dalam prosesnya, mereka harus menyusun semua informasi dengan rapi dan tertata agar tidak meninggalkan detail penting. Itulah mengapa metode satu ini secara perlahan dapat meningkatkan ketelitian seseorang.

e. Kolaborasi Tim Jadi Lebih Efektif

Yang tak kalah penting, mind mapping juga mampu mendorong kolaborasi efektif dari setiap anggota tim. Metode ini memungkinkan Anda untuk melihat dan menghubungkan ide setiap orang, sehingga ada lebih banyak pemikiran yang terkumpul.

Karena berbentuk visual, setiap anggota juga dapat melihat gagasan siapa yang sedang dibahas serta menambahkan pendapat ke dalam bagan. Pada akhirnya, informasi yang tersaji di bagan akan terlihat lebih menarik dan memicu setiap anggota untuk menemukan beragam solusi.

3. Jenis-Jenis Mind Mapping


Jenis-Jenis Mind Mapping
Pixabay/StockSnap

Secara umum, ada tiga jenis mind mapping yang biasa digunakan yakni mind map silabus, mind map bab dan mind map paragraf. Agar lebih jelas, simak detailnya berikut ini:

a. Mind Map Silabus

Jenis mind mapping pertama yang perlu kita ketahui adalah silabus. Mind mapping jenis ini mendukung penerimaan gambar yang berhubungan dengan apa yang sedang kita kerjakan.

Mind map silabus biasanya memiliki ukuran besar dan ditempel di dinding atau papan, sehingga juga disebut sebagai pemetaan makro. Jenis pemetaan ini juga kerap digunakan untuk memberi gambaran besar tentang apa yang telah terjadi.

b. Mind Map Bab

Jenis kedua tak kalah menarik adalah mind map bab. Sesuai dengan namanya, jenis pemetaan ini disusun berdasarkan rangkaian bab yang telah dipelajari sebelumnya.

Mind map bab biasanya dibuat dengan mengelompokkan poin-poin dalam suatu pelajaran agar lebih mudah diingat. Itulah mengapa peta konsep ini cocok diterapkan di lingkungan pendidikan.

c. Mind Map Paragraf

Sesuai dengan namanya, mind map paragraf adalah jenis pemetaan yang merangkum informasi secara lengkap dan mendetail. Dalam mind mapping jenis ini, Anda bisa melihat deskripsi atau keterangan lengkap dari setiap bab yang diulas.

Keuntungan dari mind map paragraf adalah Anda bisa menjadikannya sebagai buku teks kecil yang bisa dibawa dan dipelajari di mana-mana. Menarik banget, kan?

Demikian penjelasan WowKeren tentang mind mapping, sebuah teknik yang bisa memudahkan seseorang dalam melakukan suatu tugas. Dalam artikel berikutnya, tim redaksi akan menghadirkan cara pembuatan mind mapping yang mudah dan efisien. Stay tune ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait