Album Baru Drake Pecahkan Rekor Streaming, Pelanggan Spotify Malah Minta Pengembalian Uang
Musik

Iklan Drake untuk promosi album barunya memenuhi Spotify, para pengguna berbayar mengaku sangat geram.

WowKeren - Bukan Rahasia lagi jika karya-karya Drake selalu digemari oleh para penikmat musik. Tak hanya itu, rapper "Gold Digger" ini juga selalu berhasil menjuarai berbagai chart musik dan menorehkan sederet prestasi gemilang.

Bahkan baru-baru ini, album terbaru Drake yang bertajuk "Scorpion" tercatat kembali memecahkan rekor streaming. Album yang baru saja dirilis pada 29 Juni tersebut sukses mengumpulkan angka streaming yang impresif, hingga menyentuh angka 132 juta stream di Spotify hanya dalam kurun waktu 24 jam saja. Layanan musik streaming ini juga sempat mengumumkan bahwa album "Scorpion" didengar 10 juta kali per jam.

Namun di balik kesuksesan tersebut, rupanya promosi besar-besaran yang dilakukan Drake di Spotify telah memancing kemarahan para pelanggan berbayar layanan streaming ini. Bahkan beberapa pelanggan dengan tegas meminta refund alias pengembalian uang.

Musisi asal Kanda ini memang disebut-sebut menjadi artis pertama yang "mengambil alih" Spotify. Dengan demikian, foto Drake pun muncul di mana-mana sebagai cover art untuk berbagai playlist di Spotify. Lucunya, cover art tersebut juga muncul di playlist yang tidak menyertakan lagunya.

Promosi berlebihan ini tentunya membuat gusar pelanggan yang sudah membayar biaya bulanan untuk bebas iklan, namun mau tidak mau harus menerima promosi sang rapper di Spotify. Sontak saja, berbagai keluhan para pelanggan berbayar pun memenuhi media sosial.

"Ketika kau berlangganan premium, kau telah membayar untuk bebas iklan. Tapi 'spam Drake' adalah iklan. Bisakah kami para pengguna berbayar mengharapkan segala bentuk pengembalian uang?" keluh seorang pengguna Spotify. "Aku penasaran apakah aku mendapat pengembalian uang karena kalian telah membanjiri akunku dengan iklan untuk album Drake yang buruk ini," cuit lainnya.

Meski banyak penggemar yang mengeluh, namun hingga kini belum ada tanggapan apapun dari Drake maupun pihak Spotify. Namun di sisi lain, promosi besar-besaran yang dilakukan oleh Drake ini memang bisa dibilang sukses besar.

"Scorpion" tercatat memecahkan rekor 431 juta streaming selama sepekan yang sebelumnya dipegang oleh "beerbongs & bentleys" milik Post Malone. Bahkan menurut prediksi para ahli, "Scorpion" bisa saja mendapatkan 1 miliar streaming di pekan pertamanya.

You can share this post!

Related Posts