Donald Trump Pakai Slogan 'Game of Thrones' untuk Kebijakan Politik, HBO Tak Terima
Getty Images/Aaron P. Bernstein
TV

HBO mengaku tak ingin slogan produk televisi mereka disalahgunakan untuk kepentingan politik

WowKeren - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali mencuri perhatian lantaran unggahan kontroversial di akun Twitter miliknya. Beberapa hari yang lalu, pria berusia 72 tahun tersebut membagikan gambar dirinya dengan membubuhkan tulisan "Sanctions are Coming".

Sontak saja unggahan Trump ini langsung mengingatkan publik pada serial favorit dari HBO, "Game of Thrones" dengan slogan terkenalnya, "Winter is Coming". Apalagi jenis tulisan, gaya, hingga desain yang digunakan pun serupa dengan serial yang diadaptasi dari buku karangan George R.R. Martin tersebut.


Dilansir Independent.co.uk pada Kamis (8/11), "Sanctions are Coming" alias "Sanksi akan Datang" yang disebutkan oleh Trump tersebut merujuk pada kebijakan AS terkait pemberian sanksi pada Iran. Sanksi ini berkenaan dengan pengembangan nuklir yang dilakukan negara tersebut.

Polemik antar negara ini dimulai sejak AS menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Iran, yang menyebabkan Trump berkewenangan memberi sanksi. Pihak perwakilan Gedung Putih menyebut bahwa sanksi baru kepada Iran merupakan sanksi terberat yang pernah diberikan AS. Negeri Adidaya tersebut berencana memberi sanksi pada Iran di beberapa sektor strategis, mulai dari energi, pengiriman, dan perbankan.

"Presiden Donald Trump akan menjatuhkan kembali semua sanksi yang sebelumnya dihapus atas kesepakatan Iran yang tak dapat diterima. AS akan menjatuhkan sanksi terberat yang pernah ada kepada Iran, yang menargetkan banyak sektor penting dalam rezim korup ini," demikian bunyi cuitan akun Twitter resmi Gedung Putih.

Namun tak lama setelah kontroversi cuitan Trump ini, akhirnya pihak HBO angkat bicara. Salah satu stasiun televisi favorit di dunia tersebut mengeluarkan pernyataan resmi terkait dengan unggahan Donald Trump yang memuat slogan ternama dari serial besutan mereka.

"Kami tak tahu pesan ini dan lebih suka jika slogan dari produk televisi kami tidak disalahgunakan untuk kepentingan politik," tulis pernyataan pihak HBO.

Melalui juru bicaranya Jeff Cusson, HBO mengatakan kepada bahwa pihaknya belum akan mengambil langkah hukum terkait hal ini. Namun mereka tak akan main-main dengan masalah unggahan tersebut.

Tak hanya melalui pernyataan resmi, HBO juga melayangkan protes pada Trump melalui akun Twitter mereka. "Bagaimana kamu mengatakan penyalahgunaan slogan dalam Dothraki?" cuit HBO, dimana Dothraki yang disebutkan merujuk pada bahasa fiksi salah satu kelompok dalam serial "Game of Thrones".

Penggunaan slogan tanpa izin ini juga turut menuai tanggapan dari beberapa pemain serial "Game of Thrones". Mulai dari Maisie Williams, hingga Sophie Turner. Namun sayangnya, hingga kini belum ada tanggapan resmi dari Gedung Putih mengenai perkara tersebut.

You can share this post!

Related Posts