Sudah Dibuka Pasca Ambles, Jalan Gubeng Surabaya Ternyata Belum Direkomendasi untuk Dilalui
Instagram/surabaya
Nasional

Sudah kembali terhubung dan dibuka untuk dua lajur, beberapa pertimbangan disampaikan oleh Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Gubeng Surabaya.

WowKeren - Pasca ambles dan menimbulkan sejumlah kerusakan besar, Pemerintah Kota Surabaya akhirnya resmi membuka kembali Jalan Raya Gubeng. Hal itu dilakukan setelah Pemkot Surabaya melakukan gerak cepat perbaikan pada salah satu jalan besar di Surabaya itu.

Pada Kamis (27/12) sore kemarin, Jalan Gubeng terlah resmi dibuka kembali untuk uji coba. Beberapa kendaraan terlihat mulai kembali melewati Jalan Gubeng yang sempat ambles tersebut. Kendati demikian, Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Gubeng Surabaya menyatakan bahwa ruas jalan tersebut selayaknya belum direkomendasi untuk dilalui.

Tim Mitigas Kelongsoran Jalan Gubeng Surabaya menyatakan bahwa pembukaan Jalan Raya Gubeng Surabaya menjadi tanggung jawab Pemkot Surabaya dan juga pihak kepolisian. Mereka menjelaskan beberapa poin kondisi yang menjadi pertimbangan. Beberapa di antaranya seperti pemberian perhatian kepada kelayakan jalan, daya dukung jalan, penurunan jalan, dan juga stabilitas lereng badan jalan.

View this post on Instagram

Alhamdulillah sejak pkl 18:00 WIB tadi Jalan Gubeng sudah bisa dilewati kembali. Selamat menikmati kembali Jalan Gubeng,tetap berhati-hati dalam berkendaraan. Terima kasih para petugas dan tim terkait yang bekerja siang malam demi normalnya kembali Jalan Gubeng ini. ————————————— 📹 : Pantauan CCTV @sits_dishubsurabaya. ————————————— @irvan_dy @dishubsurabaya


A post shared by Tri Rismaharini (@trirismaharini) on

Tim Mitigasi Kelongsoran juga menuliskan poin mengenai pekerjaan rekonstruksi Jalan Raya Gubeng yang disadari bahwa urukan tanah dilakukan tanpa pemadatan."Urukan tanah tersebut akan berfungsi sebagai subgrade jalan yang masih mungkin akan mengalami pemampatan yang mengakibatkan terjadinya penurunan jalan," jelas Wahyu P Kuswanda, Humas BBPJN VIII, seperti dilansir TribunNews pada Jumat (28/12).

Oleh karena itu, Tim Mitigasi Kelongsoran meminta kepada kontraktor untuk bertanggung jawab selama satu tahun masa pemeliharaan demi menghindari kondisi yang membahayakan. Terlebih tingkat kemiringan badan jalan juga masih belum memenuhi batas keamanan. Diketahui, Jalan Raya Gubeng Surabaya dinyatakan aman apabila urukan tanah di sisi barat kemiringan kurang lebih 30 derajat. Pada saat ini, kemiringan urukan tanah badan jalan baru mencapai lebih kurang 45 derajat.

Di sisi lain, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharani, telah melakukan pembukaan Jalan Raya Gubeng pada pukul 18.00 Kamis (27/12) kemarin. Ia menyampaikan terima kasih kepada petugas dan tim terkait yang bekerja siang dan malam demi normalisasi Jalan Gubeng yang sempat ambles.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait